Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2021, 16:55 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

Sumber The Nest

JAKARTA, KOMPAS.com- Pernahkah Anda melihat kucing peliharaan memijat punggung, kaki atau tangan ketika Anda berbaring dan duduk?

Gerakan berupa memijat yang dilakukan dengan cakar depannya ini merupakan sifat naluriah seekor kucing. 

Namun, mengapa kucing suka memijat? Melansir dari The Nest, Jumat (19/11/2021), berikut penjelasannya.

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Peliharaan Selalu Lapar

Perilaku naluriah

Memijat adalah perilaku naluriah yang dilakukan oleh banyak kucing. tetapi biasanya dimulai pada anak kucing segera setelah lahir.

Gerakan ini sering disebut 'membuat biskuit' karena menyerupai adonan roti yang sedang diuleni.

Kucing menggunakan cakar depannya untuk meremas permukaan yang lembut atau lentur, termasuk manusia, kucing atau anak kucing lainnya.

Beberapa kucing menarik kembali cakarnya, sementara yang lain menjulurkannya saat meremas. Banyak yang mendengkur dengan mata tertutup, bahkan ada yang ngiler.

Baca juga: Berapa Lama Kucing Peliharaan Bisa Ditinggal Sendirian di Rumah?

Insting

Kucing terlatih untuk melakukan hal ini. Biasanya, anak kucing yang baru lahir melakukan hal ini untuk meremas perut ibu dan merangsang alisan susu melalui puting induknya.

Sementara beberapa orang berspekulasi bahwa kucing yang dipisahkan atau disapih dari ibu mereka terlalu dini akan terus memijat hingga ia dewasa. Banyak kucing dewasa melakukan ini sebagai cara untuk menghibur diri.

Baca juga: Tips Memilih Mangkuk Makan Terbaik untuk Kucing

Wilayah dan faktor biologi

Dilansir dari Catster, alasan lain untuk menguleni mengingatkan kembali ketika kucing masih liar dan menggunakan gerakan serupa untuk menepuk rumput tinggi atau daun robek untuk membuat tempat tidur yang nyaman untuk tidur atau melahirkan.

Kelenjar aroma ditemukan di bantalan lembut di bagian bawah cakar kucing, jadi ketika kucing meremas permukaan, dia benar-benar menandai, atau mengintai, wilayah itu.

Baca juga: Kucing Tidur Berapa Jam Sehari?

Perkawinan hingga stres

Jika Anda memiliki kucing betina suka memijat, ini bisa jadi indikasi bahwa ia sedang berahi. Memijat terkadang merupakan sinyal bagi pejantan bahwa dia mau dan mampu kawin.

Alasan terakhir mengapa kucing Anda memilih untuk memijat Anda? Dia mungkin stres karena perubahan lingkungan baru di rumah dan memijat Anda bisa jadi cara untuk mendapatkan perhatian dari pemiliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com