Kompas.com - 23/10/2021, 18:20 WIB
Ilustrasi kucing bersembunyi di bawah tempat tidur. SHUTTERSTOCK/ZOSSIAIlustrasi kucing bersembunyi di bawah tempat tidur.

JAKARTA, KOMPAS.com- Kucing suka bersembunyi di dalam barang-barang seperti kotak kardus, kolong lemari dan tas belanjaan. Kucing Anda bahkan mungkin senang berjongkok di bawah meja kopi atau kursi.

Mengapa kucing suka bersembunyi dan bagaimana Anda bisa menyediakan tempat yang aman bagi kucing Anda untuk bersembunyi? Melansir dari The Spurce Pets pada Sabtu (23/10/2021) berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Penyebab Kucing Muntah Cairan Kuning dan Cara Mengatasinya

Mengapa kucing suka bersembunyi?

Kucing suka berada di ruang tertutup, seperti di bawah furnitur dan di dalam kotak kardus. Sebab, dengan begini mereka akan lebih merasa aman dan terlindungi. Bersembunyi adalah perilaku normal yang dimiliki kucing.

Namun, hal ini jadi mengkhawatirkan ketika kucing terlalu sering bersembunyi padahal biasanya ia senang mendekati Anda atau orang-orang di sekitarnya.

Hal ini bisa jadi karena ia sedang sakit, stres, takut, bahkan kombinasi ketiganya. Jika kucing Anda mulai lebih sering bersembunyi, pastikan mereka makan, minum, dan buang air secara normal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Mogok Makan

Kucing mungkin mulai bersembunyi lebih banyak jika merasa tidak enak badan, sakit, atau ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan kucing Anda juga dapat memengaruhi kebiasaan makan dan buang kotoran.

Bersembunyi lebih sering karena penyakit medis dianggap sebagai gejala non-spesifik pada kucing.

Artinya, jika kucing Anda bersembunyi karena masalah medis, bisa jadi karena sejumlah proses penyakit.

Dokter hewan Anda mungkin dapat mengetahui alasan tertentu dengan bantuan pemeriksaan fisik menyeluruh serta tes seperti pemeriksaan darah dan radiografi.

Baca juga: 8 Ras Kucing Terbaik untuk Dipelihara di Ruang Terbatas

Jika dokter hewan Anda tidak dapat menemukan sesuatu yang salah secara medis dengan kucing Anda, maka minat kucing Anda yang tiba-tiba untuk bersembunyi sepanjang waktu mungkin berkaitan dengan masalah perilaku.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.