Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ras Kucing Bombay, Si Hitam yang Menggemaskan

Kompas.com - 21/10/2021, 08:35 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Bombay adalah breed hibrida (trah baru yang dibuat dengan mencampurkan dua breed berbeda).

Bombay adalah hasil persilangan antara American Shorthair dan Burma. Selain itu, masih ada beberapa  fakta menarik lainnya tentang kucing Bombay, dilansir dari The Spruce, Jumat (21/10/2021).

Baca juga: 6 Fakta Menarik Ras Kucing Balinese, Benarkah Berasal dari Bali?

Karakteristik kucing Bombay

Jika biasanya kucing dikenal mandiri, maka tidak dengan kucing Bombay. Mereka sangat bergantung dengan pemiliknya.

Selalu mengikuti pemiliknya kemana pun ia pergi. Melilitkan diri di sekitar kaki saat Anda berjalan.

Jika Anda bekerja berjam-jam jauh dari rumah, atau sering bepergian, Bombay mungkin bukan pilihan kucing peliharaan yang tepat.

Sebab, mereka dikenal ramah dan suka bersosialisasi. Selain itu, ia juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan suka bermain dengan anak-anak maupun orang asing.

Ras kucing Bombays bahkan bergaul dengan anjing ramah dan kucing lainnya, terutama ketika dibesarkan bersama.

Baca juga: 7 Ras Kucing Paling Unik di Dunia, Mana Favorit Kamu?

Sejarah kucing Bombay

Ilustrasi kucing Bombay, ras kucing Bombay.SHUTTERSTOCK/JAROSLAW KUREK Ilustrasi kucing Bombay, ras kucing Bombay.

Bombay seperti yang kita kenal di AS dikembangkan oleh seorang peternak kucing bernama Nikki Horner, yang berusaha menciptakan jenis kucing yang tampak seperti macan kumbang mini.

Meskipun membutuhkan waktu bertahun-tahun, pembiakan yang direncanakan dengan cermat antara kucing Burma dan kucing American Shorthair akhirnya menghasilkan ras yang sangat mirip dengan Burma, tetapi berbulu hitam legam.

Horner memilih nama Bombay sebagai anggukan untuk macan kumbang hitam India, inspirasinya untuk menciptakan jenis baru. Bombay mewarisi berbagai sifat dari dua keturunan kucing tersebut.

Baca juga: 8 Ras Kucing Langka di Dunia

 

Tipe tubuh Bombay sangat mirip dengan Burma, dengan beberapa perbedaan. Meskipun kompak, kekar dan berotot, Bombay sedikit lebih panjang dari Burma.

Kepribadian santai Bombay sangat mirip dengan American Shorthair, meskipun Bombay juga sangat sosial dan ingin tahu, seperti Burma.

Bombay diterima untuk status kejuaraan dengan Cat Fanciers Association pada tahun 1976. International Cat Association menerima Bombay pada tahun 1979.

Saat ini, standar breed Bombay masih mengizinkan persilangan baik pada Burma sable atau American Shorthair hitam.

Baca juga: 8 Ras Kucing Bermata Besar yang Lucu dan Menggemaskan

Perawatan kucing Bombay

Bulu pendek dan halus dari ras kucing Bombay ini sangat mudah dirawat. Cukup sikat bulu kucing ini seminggu sekali atau gosok dengan kain chamois lembut untuk menonjolkan kilau bulunya.

Bombay adalah kucing yang sangat bersih dan bulunya jarang sekali kotor. Potong kuku setiap dua minggu atau lebih, dan jangan lupa bersihkan telinganya setiap 1-2 minggu untuk memastikan tidak ada luka atau kotoran.

Baca juga: 4 Tips Merawat Ras Kucing Tanpa Bulu agar Tetap Sehat dan Bersih

Masalah kesehatan umum

Meskipun Bombay umumnya kucing yang sehat dan berumur panjang, beberapa penyakit terkait genetik diketahui ada pada ras ini, termasuk kardiomiopati hipertrofik (yang menyebabkan penebalan dinding jantung dan merupakan bentuk paling umum dari penyakit jantung yang terlihat pada kucing. ), robekan mata yang berlebihan dan kemungkinan masalah pernapasan karena moncong ras yang memendek.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com