Kompas.com - 20/10/2021, 20:22 WIB
Ilustrasi kucing spinx Dan Wayman/UnsplashIlustrasi kucing spinx

JAKARTA, KOMPAS.com--Memiliki kucing yang tidak berbulu seperti bambino, spinx, atau donskoy bukan berarti lebih mudah perawatannya. Meski tak memiliki bulu, kucing-kucing ini masih perlu dimandikan dan dirawat kebersihannya.

Karena mereka mengumpulkan lebih banyak kotoran yang mengandung mikroorganisme yang merusak kulit halus mereka. Jika tidak dibersihkan dan dibiarkan tidak higienis, kucing jenis ini bisa saja menderita depresi yang akan memengaruhi kesehatannya.

Cara memandikan kucing yang tidak berbulu

Dilansir dari My Animals, Rabu (20/10/2021), jenis kucing ini memiliki kulit yang sangat sensitif. Untuk itu, mereka memerlukan perawatan khusus dan sering.

Kucing, bahkan yang tidak berbulu, meskipun kebanyakan ras memiliki lapisan bulu yang hampir tidak terlihat, mereka cenderung lebih banyak berkeringat dan menumpuk lebih banyak lemak dan kotoran.

Baca juga: 3 Tips agar Rumah Selalu Bersih saat Memelihara Kucing

Jika kamu memiliki salah satu kucing ini sebagai hewan peliharaan, kamu harus memandikannya setiap 20 atau 30 har sekali, dan kamu harus membiasakannya dengan rutinitas ini sejak kucing masih kecil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kamu mengadopsi mereka saat sudah dewasa dan mereka tidak suka mandi, maka ada pilihan lain untuk dijajal, misalnya, tisu basah khusus untuk kucing.

Kamu harus selalu berkonsultasi dengan dokter hewan, yang akan memberi tahumu tentang produk yang cocok untuk memandikan kucing yang tidak berbulu. Dan mereka juga akan membahas teknik yang akan meyakinkan kucing bahwa ia perlu mandi secara teratur.

Teknik memandikan kucing

Teknik memandikan kucing berbulu tidak jauh berbeda dengan kucing berbulu. Namun, kamu harus ekstra hati-hati pada beberapa bagian tubuhnya yang cenderung menumpuk kotoran lebih banyak.

Karena itu, sebelum memandikan kucing di kamar mandi, penting untuk terlebih dahulu membersihkan mata, kuku, dan telinganya secara menyeluruh.

Baca juga: Ciri-ciri Kucing Susah Buang Air Kecil dan Penyebabnya

Halaman:


Sumber My Animals
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.