Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Kucing Suka Bersembunyi?

JAKARTA, KOMPAS.com- Kucing suka bersembunyi di dalam barang-barang seperti kotak kardus, kolong lemari dan tas belanjaan. Kucing Anda bahkan mungkin senang berjongkok di bawah meja kopi atau kursi.

Mengapa kucing suka bersembunyi dan bagaimana Anda bisa menyediakan tempat yang aman bagi kucing Anda untuk bersembunyi? Melansir dari The Spurce Pets pada Sabtu (23/10/2021) berikut penjelasan lengkapnya.

Mengapa kucing suka bersembunyi?

Kucing suka berada di ruang tertutup, seperti di bawah furnitur dan di dalam kotak kardus. Sebab, dengan begini mereka akan lebih merasa aman dan terlindungi. Bersembunyi adalah perilaku normal yang dimiliki kucing.

Namun, hal ini jadi mengkhawatirkan ketika kucing terlalu sering bersembunyi padahal biasanya ia senang mendekati Anda atau orang-orang di sekitarnya.

Hal ini bisa jadi karena ia sedang sakit, stres, takut, bahkan kombinasi ketiganya. Jika kucing Anda mulai lebih sering bersembunyi, pastikan mereka makan, minum, dan buang air secara normal.

Kucing mungkin mulai bersembunyi lebih banyak jika merasa tidak enak badan, sakit, atau ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan kucing Anda juga dapat memengaruhi kebiasaan makan dan buang kotoran.

Bersembunyi lebih sering karena penyakit medis dianggap sebagai gejala non-spesifik pada kucing.

Artinya, jika kucing Anda bersembunyi karena masalah medis, bisa jadi karena sejumlah proses penyakit.

Dokter hewan Anda mungkin dapat mengetahui alasan tertentu dengan bantuan pemeriksaan fisik menyeluruh serta tes seperti pemeriksaan darah dan radiografi.

Jika dokter hewan Anda tidak dapat menemukan sesuatu yang salah secara medis dengan kucing Anda, maka minat kucing Anda yang tiba-tiba untuk bersembunyi sepanjang waktu mungkin berkaitan dengan masalah perilaku.

Kucing dapat dengan mudah menjadi stres karena perubahan lingkungan. Hal-hal seperti pindah ke rumah baru, orang baru atau hewan peliharaan di rumah, atau bahkan hanya menata ulang furnitur dapat membuat kucing stres.

Tak hanya itu, memelihara lebih dari satu kucing di rumah juga bisa jadi penyebab kucing stres hingga gemar bersembunyi.

Kucing juga dapat memiliki fobia kebisingan seperti yang terkadang dialami anjing, jadi hal-hal seperti badai petir dan kembang api mungkin membuat kucing Anda bersembunyi karena takut.

Jika kucing Anda lebih sering bersembunyi karena stres atau ketakutan, dokter hewan mungkin akan merekomendasikan obat anti-kecemasan, seperti amitriptyline, clomipramine, atau fluoxetine.

Obat-obatan seperti Gabapentin dapat membantu menghilangkan stres selama peristiwa stres akut, misalnya trauma ke dokter hewan, ada badai, petir, kembang api, atau kendaraan yang lalu lalang.

Karena bersembunyi adalah perilaku normal pada kucing, alih-alih menghentikan kucing Anda dari persembunyian, yang terbaik adalah menyediakan ruang yang aman bagi kucing Anda untuk bersembunyi.

Dengan cara ini mereka tidak akan bersembunyi di tempat yang tidak aman, seperti mesin cuci dan pengering.

Kebanyakan kucing suka berada di atas lantai. Jadi menyediakan ruang yang nyaman, seperti tempat tidur kucing di rak buku yang kokoh atau pohon kucing dengan ruang kubus, bisa menjadi tempat persembunyian yang memikat.

Sedangkan untuk kucing senior, biasanya mereka tidak terlalu kuat atau tertarik bersembunyi di tempat yang tinggi, jadi pilihlah lokasi yang rendah.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/23/182000776/mengapa-kucing-suka-bersembunyi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke