Kompas.com - 20/10/2021, 18:27 WIB
Sebagian tanaman hias daun tak hanya cantik tetapi juga mudah dirawat. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTSebagian tanaman hias daun tak hanya cantik tetapi juga mudah dirawat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias yang berada di luar ruangan harus dipindahkan ke dalam ruangan ketika ada perubahan suhu atau cuaca ekstrem seperti hujan yang sangat lebat.

Sebab, hujan yang sangat lebat dan terus-menerus bisa menyebabkan dahan tanaman patah atau rusak. Namun, tanaman tidak bisa langsung dipindahkan.  

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Hidup dengan Baik di Kamar Mandi

Melansir dari Apartment Therapy, Rabu (20/10/2021), tanaman yang dipindahkan secara tiba-tiba akan mengalami syok, layu, bahkan mati.

Karena itu, ada beberapa kesalahan yang harus dihindari saat memindahkan tanaman ke dalam ruangan sebagai berikut ini.  

Baca juga: Simak, Cara Mengusir Semut pada Tanaman Secara Alami 

Meletakkan tanaman sembarangan

Sebelum meletakkan tanaman di dalam ruangan, tentukan di mana tanaman hias bisa tumbuh subur. Letakkan tanaman yang membutuhkan sinar matahari cerah di jendela menghadap ke Selatan.

Namun, cobalah meletakkan tanaman hias secara bertahap selama beberapa hari atau minggu. Tanaman mungkin masih kehilangan daun sebagai respons terhadap cahaya yang berkurang, tetapi Anda dapat mencoba meminimalkan kehilangannya. 

Baca juga: 5 Tanaman yang Dapat Membantu Tidur Nyenyak dan Cepat 

Mengabaikan repotting

Periksa tanaman untuk melihat apakah ada yang tumbuh lebih besar dari potnya dan perlu direpoting.

Jika ya, pastikan memilih pot dengan lubang drainase dan tanah pot baru yang sesuai. Pangkas sedikit tanaman yang sudah berkaki panjang.  

Baca juga: Penyebab Daun Tanaman Menguning dan Cara Mencegahnya

Mengabaikan serangga dan penyakit

Sangat penting memeriksa hama dan masalah tanaman sebelum membawanya ke dalam ruangan. Rendam pot dalam bak berisi air hangat selama 15 menit untuk memaksa hama keluar mencari udara.

Tiriskan secara menyeluruh sebelum dibawa ke dalam ruangan. Jika ingin lebih yakin bahwa tanaman tidak membawa tamu tak diundang, Anda bisa mengkarantina tanaman di ruangan yang terpisah dari tanaman lain selama beberapa hari. 

Baca juga: Bagaimana Cara Menyiram Tanaman Tomat di Dalam Pot? Ini Panduannya 

Gagal menyesuaikan air

Setelah tanaman ditransisikan di dalam ruangan, pastikan tidak terlalu banyak menyiramnya.  Untuk sebagian besar tanaman, cobalah menyentuh tanah tanaman terlebih dulu. Pastikan tanah tanaman mengering sebelum disiram.

Sesuaikan keadaan tanaman ketika dipindahkan ke dalam ruangan. Kurangnya sinar matahari di dalam ruangan juga dapat mempengaruhi jumlah kebutuhan air tanaman tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.