Kompas.com - 20/10/2021, 17:51 WIB
Ilustrasi kucing menatap pemiliknya. SHUTTERSTOCK/YURIY SELEZNEVIlustrasi kucing menatap pemiliknya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing yang tiba-tiba duduk di pangkuan pemiliknya bisa menjadi salah satu perilaku menggemaskan yang dimiliki hewan mamalia karnivora ini. 

Tentu saja, perilaku ini membuat pemilik senang serta akan membelai kucing dengan penuh hangat dan memanjakannya. Namun, mengapa kucing melakukan hal demikian? 

Dikutip dari kanal YouTube X SCIENCE, Rabu (20/10/2021), berikut ini lima alasan kucing suka duduk di pangkuan pemiliknya. 

Baca juga: Ciri-ciri Kucing Susah Buang Air Kecil dan Penyebabnya

Mencari kehangatan 

Meski tubuhnya berbulu, kucing adalah hewan yang sangat suka dengan tempat-tempat hangat. Ketika kucing datang dan duduk di pangkuan pemiliknya, kemungkinan besar sahabat bulu ingin mencari kehangatan.

Ditambah, pangkuan pemiliknya merupakan tempat yang tepat dan nyaman untuk kucing bersantai sejenak.

Alasan ini juga didukung seorang ahli perilaku kucing tersertifikasi, Marilyn Krieger. Ia mengatakan paha manusia pada dasarnya memiliki suhu yang hangat sehingga tak heran jika kucing merasa nyaman duduk di atasnya. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Apakah Induk Kucing Merindukan Anaknya?

Menginginkan sesuatu

Ketika menginginkan sesuatu, kucing akan memiliki tingkah laku yang mencurigakan,  termasuk duduk di pangkuan pemiliknya.

Salah satu alasan kucing melakukannya karena sedang memohon kepada pemiliknya untuk memberikan seluruh perhatiannya.

Merasa lebih aman

Sebagian besar kucing peliharaan akan merasa aman apabila berada di dekat pemiliknya. Karena itu, untuk meningkatkan rasa amannya, kucing akan duduk di paha pemiliknya. 

Baca juga: Mengapa Kucing Tidur di Atas Pakaian Pemiliknya?

Tubuh pemilik memiliki aroma enak

Selain tertarik dengan suhu hangat paha pemiliknya, ternyata pertimbangan lain seekor kucing duduk di pangkuan pemiliknya adalah aroma pemiliknya yang enak.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.