Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman yang Dapat Membantu Tidur Nyenyak dan Cepat

Kompas.com - 20/10/2021, 11:55 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak manfaat meletakkan tanaman di kamar tidur Anda selain mempercantik dekorasi ruangan. Entah itu wewangiannya yang menenangkan, kemampuannya untuk meningkatkan kelembapan di udara, atau kekuatan penyerap racunnya.

Bahkan, melansir dari Better Homes and Gardens Australia, Rabu (20/10/2021), meletakkan tanaman di kamar tidur juga dapat meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Berikut beberapa tanaman yang dapat menjadi pilihan untuk diletakkan di kamar tidur.  

Baca juga: Tips Mendesain Kamar Tidur yang Nyaman dan Menenangkan

Melati bisa ditanam di dalam rumah untuk digunakan mengharumkan ruangan.Pixabay/Capri23auto Melati bisa ditanam di dalam rumah untuk digunakan mengharumkan ruangan.

1. Melati

Melati telah dikenal untuk meningkatkan kualitas tidur melalui aroma lembutnya, yang telah terbukti mengurangi waktu yang dibutuhkan seseorang untuk tertidur.

Pilih tempat untuk meletakkan tanaman bunga melati yang mendapat tidak lebih dari empat jam sinar matahari langsung, dan sirami setelah tanah mengering.

2. Lavender

Mirip dengan melati, National Sleep Foundation, mengatakan aroma lavender telah terbukti menurunkan detak jantung dan tekanan darah, berpotensi membuat Anda dalam keadaan lebih santai.

Lavender membutuhkan sinar matahari penuh dan tanah yang dikeringkan dengan baik.

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Kamar Tidur agar Lebih Meningkatkan Suasana Hati

3. Lidah mertua 

Tanaman dalam ruangan yang populer, snake plant atau tanaman lidah mertua masuk sebagai salah satu tanaman rumah penyaring udara terbaik, menurut NASA.

Hal yang hebat tentang tanaman ini adalah mereka mengeluarkan oksigen pada malam hari, membantu menjaga udara di kamar Anda tetap bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com