Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Material Meja Countertops Terbaik Menurut Para Ahli

Kompas.com - 16/09/2021, 12:54 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja countertops atau meja dapur menjadi salah satu furnitur utama dan paling sering digunakan di dapur. Mulai dari memasak, memotong bahan-bahan, dan menyediakan hidangan lainnya.

Tak heran, membuat meja countertops rentan terhadap noda dan kotoran dan mengalami panas dan keausan. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Meja Dapur Granit

 

Untuk itu, meja countertops harus tahan terhadap penggunaan sehari-hari seperti noda dan goresan serta mudah dibersihkan. Itulah penting memilih material meja countertops terbaik sebelum membelinya. 

Nah, melansir dari laman My Domaine, Kamis (16/9/2021), setidaknya ada lima material meja countertops terbaik menurut para desainer interior. Apa saja? Simak di bawah ini. 

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Meja Dapur Marmer dengan Baking Soda

Marmer

Marmer menjadi material batu alam yang paling banyak didambakan orang, baik untuk meja coutertops, dinding kamar mandi, maupun lantai rumah

Menurut desainer interior Nina Freudenberger dan Jennifer Vaquero, marmer adalah salah satu material meja countertops pilihan terbaik. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Tepat Membersihkan Meja Dapur Marmer

"Saya suka tampilan marmer. Saya menganggapnya sebagai yang paling mewah, paling indah, dan beragam dari semua opsi," kata Freudenberger. 

Senada dengan Freudenberger, Vaquero mengatakan marmer menawarkan tampilan klasik, batu alamnya cukup berpori, tetapi akan ternoda seiring waktu, terutama jika terkena buah jeruk atau anggur. 

Baca juga: Meja Dapur Marmer Lebih Mudah Terkena Noda, Penyebab dan Solusinya 

Linoleum

Freudenberger mengatakan dirinya baru saja membuat meja dapur di Malibu menggunakan bahan linoleum. Menurutnya, linoleum adalah bahan yang sangat menarik.

Material ini sempat populer pada tahun 70-an dan tampaknya akan kembali booming. Perancang mencatat bahwa linoleum bukan hanya pilihan yang terjangkau, tetapi juga merupakan bahan alami yang sangat higienis.

"Saya merasa sedikit sensitif terhadap goresan, tetapi saya pikir memilih warna yang lebih terang akan membantu hal ini," saran Freudenberger. 

Baca juga: Ini Standar Tinggi Meja Dapur yang Ideal 

Kuarsa

Selanjutnya, material meja countertops terbaik adalah kuarsa. Meski kuarsa adalah bahan meja yang populer, baik Freudenberger dan Vaquero menawarkan pro dan kontra untuk pilihan material meja dapur satu ini.

Kuarsa bagus untuk utilitas dan sangat tahan lama dan tahan noda. Namun, kuarsa adalah produk rekayasa, yang berarti itu buatan manusia, bukan terjadi secara alami.

"Hati-hati bahwa tidak semua kuarsa diciptakan sama. Sementara beberapa terlihat hampir tidak bisa dibedakan dari batu alam, yang lain bisa menjadi lebih seperti cetakan pixelated," ucap perancang memperingatkan. 

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Membersihkan Meja Dapur, Apa Saja? 

Kuarsit 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com