Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 28/12/2022, 19:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Tangki air atau tandon air adalah peralatan yang wajib dimiliki di rumah. Sesuai namanya, tangki air digunakan untuk menampung pasokan air untuk kebutuhan Anda sekeluarga di rumah, sehingga dapat digunakan setiap saat.

Salah satu jenis tandon air yang paling banyak digunakan adalah tandon air plastik yang terbuat dari bahan polietilen (PE). Meskipun tandon air plastik sangat kuat, namun bisa juga bocor karena kondisi cuaca yang buruk atau lingkungan kerja yang keras.

Bila tandon air bocor, bisa sangat mahal untuk diganti. Jika tandon air plastik Anda mengalami kebocoran, Anda dapat dengan mudah memperbaikinya.

Baca juga: Tandon Air Plastik Vs Stainless Steel, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Dilansir Hunker, berikut cara memperbaiki tandon air bocor yang perlu diketahui.

Ilustrasi tandon air.SHUTTERSTOCK/NASIB DEMLITE Ilustrasi tandon air.

Pertama, kosongkan isi tandon air plastik Anda. Untuk memperbaiki tandon air plastik bocor dengan benar, Anda harus mengeringkan tandon air di bawah tingkat retakan sebelum memulai proses perbaikan.

Kemudian, bersihkan area tandon air yang perlu diperbaiki menggunakan sabun dan air. Permukaan tandon air harus bebas dari minyak, kotoran, atau cat.

Selanjutnya, bor lubang di setiap ujung retakan dengan mata bor kecil. Ini akan mencegah retakan meluas lebih jauh ke kedua arah.

Baca juga: Cara Membersihkan Tandon Air dari Lumut dan Sarang Nyamuk

Berikutnya, panaskan area yang akan diperbaiki. Panaskan area yang sedikit lebih besar dari yang diperbaiki untuk memastikan Anda memiliki distribusi panas yang merata di seluruh retakan.

Langkah selanjutnya, tambahkan bahan pengisi. Menggunakan strip kecil bahan pengisi polietilen, letakkan di atas retakan dan terus panaskan area perbaikan.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com