Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Kamar Tidur Modern yang Bisa Menjadi Inspirasi

Kompas.com - 07/09/2021, 19:07 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak jenis konsep dan teknik dalam rumah bergaya modern yang digunakan oleh desainer, dekorator, dan arsitek.

Kami mendefinisikan gaya modern sebagai fondasi yang ditemukan oleh nenek moyang modernisme seperti Frank Lloyd Wright, Walter Gropius, Ludwig Mies van der Rohe, dan Le Corbusier. 

Baca juga: 6 Cara Menata Barang Antik di Rumah Modern Tanpa Terlihat Kuno

Gaya rumah modern menggunakan fungsi, garis, dan bentuk yang bersih serta arsitektur dan elemen alami untuk dekorasi.

Para modernis ini percaya bahwa rumah harus fungsional dan segala sesuatu di dalamnya harus memiliki tujuan, termasuk dekorasi, seperti yang dijelaskan Le Corbusier, “Rumah adalah mesin untuk hidup.” 

Kamar tidur menjadi salah satu ruangan di rumah yang cocok diterapkan gaya modern. Berikut ini beberapa contoh konsep yang akan membantu Anda mendesain kamar tidur modern seperti dilansir dari The Spruce, Selasa (7/9/2021).  

Baca juga: 5 Ide Desain Rumah Bergaya Modern Coastal, Serasa di Pantai

Gunakan elemen arsitektur sebagai dekorasi 

Kamar tidur modern dapat menggunakan elemen arsitektur seperti dinding beton polos, rak, dan lantai kayu sebagai dekorasi utamanya.

Dengan menggunakan aksen warna ungu cerah di tempat tidur, karpet, juga karya seni, bersama dengan rak dan furnitur, adalah contoh sempurna dari modernisme yang terbaik. 

Baca juga: Karpet Vs Lantai Kayu, Mana yang Lebih Baik untuk Kamar Tidur?

Gabungkan semua elemen modernisme

Memiliki elemen arsitektur, garis, dan bentuk yang bersih, banyak cahaya alami, dan aksen sederhana lainnya—seperti buku dan vas—adalah elemen modernisme yang dapat digunakan sebagai dekorasi pada kamar tidur.

Dinding beraksen beton serta lantai kayu dapat menambah karakter pada kamar sekaligus menjaga konsep tetap sederhana, terbuka, juga fungsional. 

Baca juga: Tips Memberikan Suasana Segar ke Kamar Tidur 

Gunakan warna dan karya seni sederhana

Mural dinding di belakang headboard atau kepala tempat tidur dengan warna-warna cerah dapat menghasilkan kamar tidur modern yang indah dan fungsional. 

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan warna aksen untuk mengganti mural. Pilih warna yang lebih cerah dari warna cat kamar tidur. 

Baca juga: 7 Tips Dekorasi Kamar Tidur Bergaya Bohemian yang Unik dan Estetik

Pencahayaan dan kaca tersembunyi untuk menambahkan cahaya dan ruang

Ide kamar tidur modern selanjutnya adalah menggunakan pencahayaan tersembunyi pada langit-langit untuk menciptakan lebih banyak ruang dan cahaya.

Ruangan ini juga mengalir dengan baik, karena elemen dekoratif sederhana, seperti dinding aksen panel kayu dan headboard, palet warna netral, serta pintu dan dinding kaca. 

Baca juga: 10 Ide Mewujudkan Dekorasi Kamar Tidur Bertema Modern Minimalis 

Gunakan cahaya alami, warna cerah, dan kayu sebagai dekorasi

Untuk mendapat tampilan kamar tidur ini, Anda dapat menggunakan gaya furnitur berbeda seperti tempat tidur yang terinspirasi modern dengan meja samping vintage.

Ruangan ini menggunakan panel kayu gelap, trim, lantai, dan furnitur sebagai elemen dekoratif utamanya, tetapi diringankan dengan warna dan tekstil lainnya. 

Baca juga: 5 Cara Mengubah Tampilan Kamar Mandi Tampak Segar dan Modern

Mendesain kamar tidur yang menenangkan

Terkadang kamar tidur modern terlihat terlalu dingin atau tidak nyaman, itulah sebabnya beberapa orang tidak menyukai gaya ini.

Saat mendesain kamar tidur, cobalah memasukkan elemen-elemen yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan kenyamanan seperti pencahayaan lembut, tempat tidur mewah, juga kasur yang nyaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com