Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2021, 20:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemilik kucing tidak menyadari bahwa kucing dewasa yang ramah mungkin mengalami kesulitan bergaul dengan anak kucing baru.

Anak kucing baru biasanya ingin sekali berteman, tetapi kucing yang lebih tua di rumah mungkin tidak ingin berhubungan dengan yang lebih muda.

Dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (7/9/2021),.seringkali kucing yang lebih tua akan terlihat sedih, menyendiri, banyak mendesis, dan kadang-kadang bahkan berhenti makan jika tidak menyesuaikan diri dengan anggota keluarga yang baru.

 

Baca juga: Kucing Ternyata Bisa Bermimpi, Apa Ya Mimpinya?

Perilaku ini karena kucing tidak menyukai perubahan, terutama jika menyangkut wilayah kekuasaannya.

Memperkenalkan anak kucing ke kucing dewasa dapat menyebabkan kucing yang sudah ada di dalam rumah stres, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu membuat perkenalan berjalan lebih lancar.

Persiapan adalah kunci keberhasilan pengenalan anak kucing baru ke kucing senior atau yang sudah ada lama di dalam rumah Anda.

Jika Anda mempersiapkan kucing Anda untuk kedatangan kucing baru dan membuat perubahannya tampak tidak terlalu drastis, kemungkinan besar ia akan beradaptasi mudah beradaptasi dengan anak kucing tersebut.

Baca juga: Mengapa Kucing Suka Bersembunyi? Ini Penjelasannya

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan anak kucing ke kucing senior Anda.

1. Siapkan rumah

Barang-barang baru untuk anak kucing, seperti mangkuk makanan, tempat tidur, kotak pasir lain, dan mainan, harus diletakkan di dalam dan di sekitar rumah Anda sebelum anak kucing pulang.

Mulailah meletakkan barang-barang ini di tempat baru mereka sekitar seminggu sebelum kedatangan anak kucing baru sehingga kucing dewasa dapat menciumnya dan terbiasa dengan semua hal baru.

Jika Anda bisa, cobalah untuk memasukkan barang-barang yang sudah memiliki aroma anak kucing. Jika Anda stres dan tidak siap, kucing Anda yang lebih lama tinggal di rumah akan dapat mengetahuinya dan terpengaruh secara negatif olehnya.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com