Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam dan Merawat Bunga Azalea, Cocok Jadi Tanaman Pagar

Kompas.com - 06/09/2021, 20:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mempercantik halaman rumah dengan beragam tanaman bunga adalah hal yang menyenangkan. Ada banyak jenis bunga yang dapat Anda pilih untuk ditanam di halaman rumah, menjadikannya cantik dan berwarna.

Salah satunya adalah bunga azalea. Tanaman bunga ini dikenal memiliki daun yang tebal dan kasar berwarna hijau tua.

Meskipun demikian, bunga azalea memiliki warna-warna yang cantik, mulai dari ungu, oranye, merah, merah muda, hingga putih. Bunga azalea pun cocok sebagai tanaman pagar rendah, yang memberikan nuansa cantik pada tampilan halaman rumah Anda.

Baca juga: 4 Bunga yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Dilansir dari Better Homes and Gardens Australia, Senin (6/9/2021), berikut cara menanam bunga azalea berikut panduan perawatannya.

Azalea adalah termasuk keluarga rhododendron, tetapi ukurannya relatif kecil dibandingkan dengan anggota genus yang mirip pohon lainnya.

Bunga ini sebetulnya tumbuh di iklim sedang, namun sudah banyak pula ditanam di daerah iklim subtropis dan tropis.

Cara menanam bunga azalea

Tanamlah bunga azalea di area semi teduh atau naungan belang-belang seperti di bawah pohon bercabang terbuka. Bunga azalea akan tumbuh dalam situasi yang lebih terbuka dan lebih menyukai sinar matahari pagi.

Baca juga: Ingin Rangkaian Bunga Potong Bertahan Lama? Lakukan Cara Ini

Ada beberapa jenis bunga azalea yang dapat tumbuh sesuai dengan iklim. Bentuk azalea gugur misalnya, akan mekar di zona iklim dingin, sementara azalea berdaun yang selalu hijau dapat tumbuh di iklim yang hangat.

Bunga azalea memerlukan tanah yang dikeringkan dengan baik, agak asam, dan diperkaya secara organik dengan pH 5 sampai 6. Dengan demikian, hindari pemberian kapur atau pupuk kandang segar.

Sebelum menanam, beri nutrisi tanah dengan kompos dan pupuk kandang untuk meningkatkan retensi kelembapan.

Penyiraman secara teratur dua hingga tiga kali per minggu adalah suatu keharusan selama bulan-bulan musim yang panas. Namun, selama bulan-bulan yang lebih sejuk, penyiraman menyeluruh seminggu sekali sudah cukup.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com