Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2021, 08:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menafsirkan perilaku ikan, termasuk ikan cupang, bisa menjadi sulit. Ini terutama ketika mengidentifikasi perilaku umum ikan cupang sebelum mati.

Banyak pemula kesulitan mengetahui apa yang harus dicari dan gejala yang benar-benar menunjukkan bahwa ikan cupang akan mati.

Dilansir dari Betta Care Fish Guide, Kamis (19/8/2021), perilaku umum ikan cupang sebelum mati adalah lesu, warna memudar, dan peningkatan stres. Memperpanjang umur ikan cupang dapat dimungkinkan dengan memperhatikan perilaku ikan cupang.

Baca juga: Simak, Cara Mengetahui Jenis Kelamin Ikan Cupang

Pencegahan adalah cara terbaik untuk menjaga agar ikan cupang tidak gampang mati, seperti menjaga kebersihan akuarium dan memberi makan ikan cupang secara teratur.

Berikut ini adalah beberapa perilaku ikan cupang sebelum mati.

Ilustrasi ikan cupang.SHUTTERSTOCK/STOCK4289 Ilustrasi ikan cupang.

1. Nafsu makan berkurang

Nafsu makan yang menurun umumnya merupakan salah satu tanda yang dapat dikenali bahwa ikan cupang mengalami beberapa jenis masalah.

Itulah sebabnya Anda harus selalu memperhatikan jumlah makanan yang dimakan ikan cupang setiap kali Anda memberi makan.

Baca juga: Ikan Cupang Kawin Tapi Tidak Bertelur? Ini Penyebabnya

Ikan cupang yang sekarat mungkin muncul ke permukaan selama waktu makan. Namun, ikan cupang tidak akan memakan makanan mereka.

Tidak berpartisipasi dalam proses memberi makan adalah tanda bahaya bagi pemilik ikan bahwa ada sesuatu yang salah. Seekor ikan cupang harus makan kira-kira lima pelet makanan per hari dari makanan ikan cupang yang disetujui.

Jika ikan cupang tidak makan atau tidak menelan makanannya atau memuntahkannya kembali, itu berarti mereka kehilangan nafsu makan karena suatu alasan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com