Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Bunga Tulip Tetap Segar dan Tidak Terkulai di Dalam Vas

Kompas.com - 17/08/2021, 15:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tulip menjadi salah satu bunga yang kerap digunakan sebagai bunga potong untuk menambahkan nuansa dan warna di dalam ruanganrumah.

Meski dikaitkan dengan bunga musim semi, nyatanya tulip sering ditemukan sepanjang tahun di toko bunga. Sayangnya, bunga tulip cenderung mudah terkulai di dalam vas dibanding bunga lainnya seperti mawar. 

Baca juga: 6 Fakta Unik Bunga Tulip yang Belum Diketahui Orang

Biasanya, untuk membuat bunga potong tetap segar, orang menambahkan sedikit pemutih ke dalam air di vas bunga. Namun, metode itu sebetulnya tidak terlalu efektif, terlebih untuk bunga tulip. Lantas, cara apa yang efektif?

Dilansir dari laman Better Homes and Gardens, Selasa (17/8/2021), berikut ini cara membuat bunga tulip tetap segar dan tidak terkulai di dalam vas.  

Baca juga: Mengenal Makna Bunga Tulip Berdasarkan Warnanya 

Gunakan pengawet bunga

Banyak karangan bunga yang dibeli di toko bunga memberi paket kecil berupa makanan bunga atau pengawet bunga untuk dicampur ke dalam air.

Namun, jika memotong tulip dari kebun sendiri, Anda dapat membeli pengawet bunga secara online atau di pusat taman. Ikuti instruksi pada paket dan bunga akan bertahan lebih lama daripada bunga yang disimpan di air biasa. 

Baca juga: Ragam Hama Tanaman Bunga Kertas atau Bugenvil dan Cara Membasminya

Perhatikan pasangan bunga

Terkadang, bunga tulip kerap dikombinasikan dengan bunga lain dalam satu vas agar memberi tampilan warna-warni dan semakin mempercantik tampilan.

Namun, penting agar memperhatikan bunga yang akan dikombinasikan dengan tulip. Sebab, bunga tersebut justru dapat membuat bunga cepat layu 

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Bunga Kertas atau Bugenvil agar Rajin Mekar

Misalnya, bunga tulip dan bunga bakung. Meski terlihat cantik dalam satu vas, bunga tulip akan lebih cepat terkulai dan mengering daripada bunga bakung.

Hal ini karena bunga bakung memiliki zat kimia dalam getahnya yang membuat batang tulip sulit menyerap air. Karena itu, sebaiknya menghindari memasangkan keduanya dalam satu vas. 

Baca juga: Cara Membuat Pupuk dari Cangkang Telur untuk Mencegah Kerontokan Bunga  

Putar vas ke arah cahaya 

Tidak seperti banyak bunga potong lainnya, tulip memiliki kemampuan untuk tumbuh dan menekuk ke arah cahaya. Tulip benar-benar dapat tumbuh hingga satu inci, bahkan setelah dipotong.

Jadi, mungkin melihat tulip yang dipotong mulai terkulai jika berada di sisi yang jauh dari cahaya atau jendela.

Untuk itu, putar vas bunga setiap hari untuk membantu batang tulip tetap lurus dan memberikan cahaya yang seimbang pada setiap bunga. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bunga Dahlia yang Kaya Sejarah dan Makna Mendalam 

Buat potongan Segar

Setelah beberapa hari, bunga tulip mungkin terlihat terkulai meski Anda telah melakukan semua hal untuk menjaganya tetap tegak.

Namun, jangan buru-buru membuangnya ya. Anda masih bisa membuat tulip tetap- segar dan tidak terkulai. Pertama, coba potong sekitar satu inci dari ujung batang yang terpotong dengan gunting dapur bersih. 

Baca juga: 6 Bunga Cantik yang Bisa Tahan Lama di Vas

Kemudian, gunting setiap batang pada sudut kira-kira 45 derajat, lalu masukkan semuanya kembali ke vas berisi air segar. Tunggu sampai satu jam agar bunga kembali terhidrasi. Bunga tulip pun kembali segar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com