Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2021, 08:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga kertas atau bunga bugenvil (Bougainvillea spp.) adalah tanaman bunga yang tangguh, tahan terhadap panas, dan kekeringan. Tanaman ini pun tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Namun demikian, ketika tanaman bunga kertas atau bugenvil tidak dirawat secara signifikan, maka tanaman akan mengalami stres dan rentan diserang beragam hama.

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Selasa (17/8/2021), berikut beberapa hama yang kerap menyerang tanaman bunga kertas atau bunga bugenvil dan cara membasminya.

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Bunga Kertas atau Bugenvil agar Rajin Mekar

Ilustrasi hama kutu daun pada tanaman. PIXABAY/MABELAMBER Ilustrasi hama kutu daun pada tanaman.

1. Kutu daun

Kutu daun bisa menjadi masalah bagi bugenvil saat suhu mencapai antara 18 sampai 26 derajat celcius. Kutu daun menyedot jus dari daun.

Jenis kutu daun yang kerap menyerang tanaman bunga kertas atau bugenvil adalah kutu daun cowpea dan kutu daun melon.

Kutu daun cowpea berwarna hitam atau abu-abu gelap, tidak bersayap, berbentuk seperti buah pir, memiliki panjang seperdelapan hingga seperempat inci, dan memiliki kaki putih.

Adapun kutu daun melon berwarna kuning-hijau hingga hijau-hitam, berbentuk oval, panjangnya kurang dari seperdelapan inci, dan mungkin memiliki sayap.

Baca juga: Bunga Bugenvil Tidak Bermekaran? Ketahui 4 Penyebabnya

Perhatikan baik-baik bagian atas dan bawah daun dan batang untuk mencari kutu daun. Hama ini kerap mengeluarkan zat bening dan lengket.

Perhatikan juga semut. Mereka tertarik dan melindungi dari pemangsa. Kendalikan semut dengan perangkap semut yang diletakkan di tanah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com