Kompas.com - 17/08/2021, 12:57 WIB
Ilustrasi lampu LED. FREEPIK/MACROVECTORIlustrasi lampu LED.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli bola lampu LED bisa menjadi tugas yang sulit karena dihadapkan dengan begitu banyak pilihan.

Apakah Anda memerlukan lampu LED suhu dingin, hangat, atau netral. Hal ini tergantung pada bagaimana dan kapan menggunakannya serta gaya dan bahan interior rumah

Baca juga: 5 Tips Memilih Lampu untuk Meja Kerja

Namun, apa yang dimaksud dengan suhu tersebut warna?

Melansir dari Houzz, Selasa (17/8/2021), suhu warna atau temperatur warna merupakan istilah seberapa hangat (kuning) atau dingin (biru) cahaya dalam kaitannya dengan cara kerja sinar matahari.

Seperti diketahui, matahari berubah warna, diukur dalam derajat Kelvin (K), sepanjang hari. Pada tengah hari, mungkin suhu menjadi 6000K atau sangat putih kebiruan.

Baca juga: Tips Memilih Lampu Hias untuk Ruang Tamu

Sementara itu, menjelang sore hari saat matahari terbenam, suhu turun di bawah 3000K dengan cahaya kuning yang sangat hangat.

Umumnya, cahaya hangat adalah 3000K atau lebih rendah, sedangkan cahaya dingin adalah 4000K atau lebih. 3500K merupakan pertengahan atau yang sering disebut netral karena dapat terlihat sejuk atau hangat, tergantung pada furnitur dan lampu terdekat lainnya.

Lantas, bagaimana cara memilih lampu LED yang sesuai dengan kebutuhan? Simak caranya di bawah ini. 

Baca juga: Ingin Hias Kamar dengan Lampu Tumblr? Coba 5 Ide Ini 

Kapan Anda paling sering di rumah? 

Jika Anda berada di rumah sebagian besar pada malam hari, suhu warna yang lebih hangat, seperti lampu LED putih hangat 2700K, merupakan pilihan terbaik.

Lampu ini lebih santai, cenderung tidak mengganggu pola tidur, dan memberikan cahaya yang mirip dengan lampu pijar 60 watt tradisional. 

Baca juga: 4 Cara Menyingkirkan Laron dari Rumah Tanpa Mematikan Lampu 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Houzz
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.