Kompas.com - 17/08/2021, 12:17 WIB
Ilustrasi menjemur pakaian di dalam rumah. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi menjemur pakaian di dalam rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika musim hujan tiba, menjemur ppakaian di dalam ruangan menjadi hal yang sering dilakulan banyak orang di rumah.

Padahal, dilansir dari BBC News, Selasa (17/8/2021) menjemur cucian di dalam rumah dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi mereka yang rentan terhadap asma, demam, dan alergi lainnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Mackintosh Architecture, University of Glasgow, Inggris Raya menemukan bahwa banyak rumah memiliki terlalu banyak kelembapan di dalam ruangan. Hingga sepertiga dari kelembapan ini dikaitkan dengan pengeringan pakaian.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Muntahan pada Pakaian dan Karpet

Para peneliti telah meminta pembangun rumah untuk membangun area pengeringan khusus menjadi perumahan baru untuk mengatasi masalah kesehatan.

Sementara itu, sebuah studi dari 100 rumah oleh Unit Penelitian Arsitektur Lingkungan Mackintosh di University of Glasgow menemukan 87 persen mengeringkan cucian mereka di dalam ruangan dalam cuaca yang lebih dingin.

Peningkatan tungau debu

Peneliti Rosalie Menon mengatakan orang tidak menyadari berapa banyak uap air yang ditambahkan ke udara ketika mereka menjemur cucian di dalam ruangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Beberapa orang bahkan menjemur cucian mereka di dalam ruang tamu, atau kamar tidur mereka," ungkap Menon.

Baca juga: 5 Tips Mencuci Pakaian Menjadi Lebih Baik dan Menyenangkan

Padahal, sebanyak 75 persen rumah tangga dengan gaya campuran memiliki tingkat kelembapan yang dapat memicu tumbuhnya tungau debu. Selain itu, pengeringan cucian berhubungan kuat dengan munculnya spora jamur di dalam rumah.

Spora jamur tertentu yang diketahui dapat menyebabkan infeksi paru-paru pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah ditemukan di 25 persen rumah yang dijadikan sampel.

Penelitian ini, yang didanai oleh Engineering and Physical Sciences Research Council, adalah yang pertama melacak implikasi dari mengeringkan cucian secara pasif di dalam rumah.

Halaman:


Sumber BBC
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.