Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Ruang Sempit Tampak Luas dengan Cat Dinding

Kompas.com - 07/08/2021, 09:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesekali ruang atau rumah kecil terasa lebih nyaman dan intim. Namun demikian, sering kali rumah kecil terasa penuh dan Anda pasti membutuhkan ruangan yang tampak lebih luas.

Jika Anda merasakan kondisi semacam itu, tidak perlu melakukan renovasi. Ada cara mudah dan sederhana untuk membuat ruang sempit terasa lebih luas, yakni dengan mengecat dinding.

Dengan memilih nuansa warna tertentu di atas yang lain, Anda dapat langsung menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar, langit-langit yang lebih tinggi, dan bahkan lebih banyak cahaya alami.

Baca juga: Warna-warna Feng Shui untuk Kemakmuran dan Kekayaan di Rumah

Dilansir dari Martha Stewart, Sabtu (7/8/2021), berikut beberapa cara mudah membuat ruang sempit tampak lebih luas dengan cat dinding.

1. Pilih warna plafon yang tepat

"Pilih warna langit-langit yang memiliki rentang warna yang sama dengan warna cat dinding. Dengan cara ini, Anda akan kurang menyadari di mana dinding berakhir dan langit-langit dimulai," kata Charlotte Cosby, kepala kreatif di Farrow & Ball.

Trik lain adalah gunakan warna yang sama untuk mengecat furnitur kayu seperti yang Anda gunakan di dinding. Cara ini bisa membuat dinding tampak lebih tinggi.

Adapun Nivara Xaykao, spesialis warna di Benjamin Moore, menyarankan teknik pewarnaan yang dapat membantu meninggikan ruangan dengan langit-langit yang agak rendah.

Baca juga: 6 Pilihan Warna Netral Selain Putih untuk Interior Ruangan

"Cobalah memperluas warna dinding Anda beberapa inci ke langit-langit untuk menciptakan ilusi langit-langit yang lebih tinggi, Kemudian, cat sisa bagian dalam langit-langit putih," sebut Xaykao.

2. Warna kontras

Sementara beberapa aturan warna dasar berlaku dalam mengoptimalkan ruang kecil, seperti menghindari cat ringan di ruangan yang kekurangan cahaya, itu tidak berarti Anda tidak bisa bermain-main dengan palet warna yang menyenangkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com