Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Mendekorasi Ruang Cuci di Rumah Kecil agar Tidak Makan Tempat

Kompas.com - 07/08/2021, 08:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda tinggal di rumah kecil, barangkali sulit menciptakan ruang cuci atau ruang khusus untuk mencuci pakaian. Sudut gelap, ruang sempit, dan bahkan langit-langit rendah dapat membuat tempat di mana Anda meletakkan mesin cuci terasa kecil dan tidak nyaman.

Namun demikian, Anda bisa melakukan sejumlah trik penaataan dan dekorasi ruang cuci yang ntaman hanya dengan membuat beberapa penyesuaian kecil pada ruangan yang ada meski terbatas.

Bagi kebanyakan orang, ruang cuci hanyalah tempat untuk meletakkan mesin cuci dan alat pembersih rumah tangga lainnya, namun ingatlah, jangan jadikan ruangan ini terpisah dalam gaya dan nuansa dari bagian rumah lainnya.

Baca juga: Tips Menata Ruang Cuci agar Lebih Rapi

Meskipun sempit, Anda dapat memperbarui ruang cuci kecil agar terasa lebih gaya dan fungsional berkat sejumlah benda kreatif dan dekoratif.

Dilansir dari Martha Stewart, Sabtu (7/8/2021), berikut sejumlah ide dekorasi ruang cuci di rumah kecil agar tidak makan tempat.

1. Gunakan rak mesin cuci

Gunakan area di atas mesin cuci bukaan depan atau mesin cuci bukaan atas untuk memaksimalkan ruang vertikal dengan rak mesin cuci yang dapat disesuaikan.

Manfaatkan rak untuk menyimpan deterjen maupun gantungan baju. Anda juga bisa menambahkan pengait sebagai gantungan tambahan.

Baca juga: Inspirasi Dekorasi Ruang Cuci di Rumah agar Tak Membosankan

2. Gunakan rak jemuran dinding lipat

Ucapkan selamat tinggal pada rak jemuran biasa yang bisa memakan banyak tempat. Sebaliknya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan rak jemuran dinding lipat.

Yang terbaik dari semuanya, ketika Anda menjemur pakaian Anda di rak jemuran dinding lipat, maka Anda membebaskan ruang lantai yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.

3. Pilih warna cat dinding terang

Anda pasti tidak pernah ingin menghabiskan lebih banyak waktu di ruang cuci yang gelap dan sempit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com