Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Tanda Mesin Cuci Tidak Bekerja Secara Maksimal

Kompas.com - 21/07/2021, 10:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang, mesin cuci tidak selalu melakukan tugasnya dengan baik dalam mencuci pakaian, karena sering kali pakaian berbau apak di akhir siklus pencuciannya.

Melansir dari Martha Stewart, Rabu (21/7/2021), bisa jadi, ketika pakaian tidak tecuci secara benar, keadaan yang terjadi adalah mesin cuci rusak, sehingga tidak bekerja secara maksimal.

Untuk itu, Anda perlu melihat tanda-tanda jika mesin cuci tidak bekerja secara maksimal sehingga menghasilkan pakaian yang masih berbau, seperti berikut ini.

Baca juga: Penyebab Mesin Cuci Mati Saat Digunakan dan Cara Mengatasinya

1. Aroma jamur

Jika Anda mencium adanya aroma jamur atau residu berminyak pada cucian Anda setelah dicuci, itu berarti tidak dibersihkan secara efektif.

"Bau apak menunjukkan jamur tumbuh, dan karena itu, cucian tidak dicuci dengan benar," jelas Lauren Simonelli, ahli kebersihan dan salah satu pendiri ThreeMain.

"Residu mungkin juga menunjukkan deterjen belum dibilas dengan benar, yang berarti pakaian Anda mungkin tidak mendapatkan manfaat penuh dari sabun.

2. Berbau dan bernoda

Jika pakaian Anda berbau saat dikeluarkan dari mesin cuci, maupun bernoda atau ada lapisan sabun, jelas ada yang tidak beres, tetapi itu belum tentu mesin cucinya yang bermasalah.

 

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Sisa Detergen pada Mesin Cuci

"Ini mungkin menunjukkan kesalahan pengguna, seperti terlalu sedikit deterjen, terlalu banyak deterjen, atau terlalu banyak barang yang dimuat," jelas Simonelli.

Dan ini adalah tanda-tanda bahwa mesin cuci Anda perlu dibersihkan atau, skenario terburuk, diganti.

Coba beberapa metode pemecahan masalah

Sebelum Anda menggantu mesin cuci dengan yang baru, cobalah untuk melakukan beberapa metode pemecahan. Pertama, periksa segel mesin cuci Anda untuk memastikan tidak ada penumpukan deterjen, residu, atau jamur atau lumut.

Jika ada, semprotkan area tersebut dengan pembersih permukaan atau lapisi dengan campuran baking soda atau soda kue, cuka, dan air, lalu gosok. Kemudian, jalankan siklus tanpa pakaian dengan cuka dan air panas.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com