Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2021, 20:34 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meninggalkan rumah dalam keadaan kosong saat pergi berlibur memang kerap membuat khawatir, terlebih bila Anda merawat sejumlah tanaman di ruman, baik tanaman indoor maupun tanaman outdoor.

Tentu hal pertama yang dipikirkan adalah bagaimana merawat tanaman saat jauh dari rumah? Apakah tanaman masih hidup, layu, bahkan mati saat Anda kembali nanti? 

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Bibit Tanaman Cabai Menggunakan Garam Dapur

Salah satu solusi mudahnya adalah membayar seseorang untuk merawat dan menyirami tanaman selama pergi berlibur. Namun, tetap saja hal ini membuat Anda merasa tidak aman.

Sebetulnya, ada cara menjaga tanaman tetap terawat dan terhidrasi selama berlibur dengan mengurangi kebutuhan akan penyiraman sebelum meninggalkan rumah.

Melansir dari laman Taste of Home, Jumat (6/8/2021), berikut ini beberapa cara merawat tanaman tetap hidup selama berlibur. 

Baca juga: Catat, Ini Dosis Penggunaan Furadan untuk Setiap Tanaman 

1. Selalu gunakan campuran pot dengan polimer penahan kelembapan (atau tambahkan polimer ke dalam campuran). Senyawa ini dapat menahan air untuk kemudian digunakan oleh tanaman yang haus. 

2. Saat Anda pergi berlibur atau perjalanan kerja, jauhkan tanaman dari sinar matahari langsung. Letakkan tanaman di balik jendela yang memakai tirai tipis. Itu adalah tempat yang bagus. 

3. Matikan termostat pada musim dingin agar interior rumah tetap sejuk. 

Baca juga: Sering Dibuang, Ini Manfaat Gulma untuk Tanaman

4. Pindahkan pot dan wadah agar berdekatan sehingga tanaman akan saling memberi keteduhan dan kelembapan.

5. Tempatkan tanaman sensitif di dalam tenda yang terbuat dari kantong sampah plastik putih, lalu tempatkan tas terbalik di atas setiap tanaman.

Gunakan patok sebagai “tiang tenda” untuk menjauhkan plastik dari dedaunan. Potong beberapa lubang kecil di plastik untuk memungkinkan oksigen mencapai tanaman. 

Baca juga: Arti Sinar Matahari Penuh, Sebagian, dan Naungan yang Diperlukan Tanaman

6. Untuk menghemat air dalam wadah luar ruangan, pindahkan tanaman ke tempat yang terlindung dari angin dan kelompokkan bersama-sama.

7. Anda juga dapat mengubur tanaman pot ke tepinya sementara dan mulsa di sekitarnya. Jangan lupa memotong batang dan daun tanaman yang layu, kering, dan kecokelatan sebelum pergi berlibur demi mencegah tanaman mengalami risiko lebih parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com