Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2021, 07:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila Anda membeli buah nanas utuh di pasar atau pasar swalayan, jangan langsung membuang mahkota daunnya. Sebab, Anda bisa menanam kembali mahkota daun nanas sehingga tumbuh dan dapat Anda panen.

Cukup pilih nanas segar dari pasar, potong bagian atasnya dan tumbuhkan tanaman. Cobalah memilih satu yang memiliki dedaunan paling menarik, atau dedaunan beraneka ragam, untuk mahkota daun nanas unik yang dapat Anda nikmati sepanjang tahun.

Dilansir dari Gardening Know How, Sabtu (31/7/2021), berikut cara menanam mahkota daun nanas yang dapat dilakukan di pekarangan rumah Anda.

Baca juga: Sering Dibuang, Kulit Buah dan Sayuran Ini Bisa Menyuburkan Tanaman

Cara menanam nanas dari mahkota daunnya

Setelah Anda membeli buah nanas utuh, potong bagian atas daun sekitar 1,5 cm di bawah daun. Kemudian buang beberapa daun yang paling bawah.

Ilustrasi buah nanas. FREEPIK/8PHOTO Ilustrasi buah nanas.

Potong bagian luar bagian atas nanas di bagian bawah mahkota, atau batang, sampai Anda melihat tunas akar. Ini harus menyerupai benjolan kecil berwarna cokelat di sekeliling batang.

Biarkan bagian atas nanas mengering selama beberapa hari hingga satu minggu sebelum ditanam. Ini membantu bagian atas untuk menyembuhkan, mengecilkan masalah dengan pembusukan.

Menanam mahkota daun nanas

Meskipun mungkin untuk menumbuhkan nanas di dalam air, kebanyakan orang lebih beruntung menanamnya di tanah. Gunakan campuran tanah ringan dengan perlit dan pasir.

Baca juga: Berbagai Manfaat Buah dan Sayuran sebagai Bahan Pembersih Alami

Tempatkan bagian atas nanas di dalam tanah hingga ke pangkal daunnya. Siram secara menyeluruh dan letakkan di tempat yang terang, cahaya tidak langsung.

Jaga agar tetap lembab sampai akarnya berkembang. Diperlukan waktu sekitar dua bulan atau 6-8 minggu untuk pembentukan akar.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com