Kompas.com - 08/07/2021, 13:52 WIB
Ilustrasi mengupas kulit mangga. SHUTTERSTOCK/ROIMOONKHOIlustrasi mengupas kulit mangga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk dapat tumbuh dengan subur dan baik, tanah harus memiliki nutrisi yang mencukupi. Namun, tanah adalah entitas organik, selalu berubah dan beradaptasi dengan atmosfer di sekitarnya.

Sementara mikroorganisme dan serangga meningkatkan nilai nutrisinya, kadang-kadang, ia gagal dan tidak dapat menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tanaman yang berbeda.

Seperti yang dilansir dari The Better India, Kamis, (8/7/2021), dalam kasus seperti ini, menambahkan pupuk organik menjadi penting untuk memastikan pertumbuhan tanaman yang sehat.

Baca juga: Jangan Langsung Dibuang, Ini 5 Manfaat Kulit Bawang untuk Tanaman

Namun, Anda mungkin tidak memiliki waktu atau keinginan untuk memulai pengomposan. Jika keadaan seperti itu, Anda dapat memanfaatkan kulit buah dan sayuran untuk memberikan nutrisi ke dalam tanah.

Berikut beberapa kulit buah dan sayuran yang dapat dimanfaatkan untuk pupuk tanaman.

Ilustrasi kulit pisangPixabay/Andyhernandezv94 Ilustrasi kulit pisang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Kulit pisang

Kulit pisang mengandung sekitar 42 persen potasium dan juga kaya akan kalsium dan mangan.

Kulit buah yang biasanya dibuang ke tempat sampah basah ini bisa menjadi pupuk yang sangat baik untuk tanaman buah seperti tomat dan cabai.

Baca juga: 7 Kegunaan Kulit Pisang, Mencegah Hama hingga Membantu Bunga Mekar

Untuk menggunakan kulit pisang jadi pupuk tanaman, ambil satu kulit pisang dan potong kecil-kecil, lalu masukkan ke blender dengan satu liter air (selalu pertahankan rasio 1 kulit: 1 liter air).

Buat bubur tipis dari itu sampai terlihat tercampur merata. Pada suhu yang lebih panas, encerkan lagi dengan 500 ml air hingga 1 liter (ini dapat dilakukan dalam ember alih-alih penggiling) dan sirami tanaman Anda dengan campuran itu.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.