Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2021, 13:13 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna bisa menjadi penentu nuansa di setiap ruangan. Dengan pemilihan warna yang tepat, bisa menjadikan ruangan tersebut menjadi lebih ceria dan memberikan efek yang positif.

Sebaliknya, pemilihan warna yang salah atau kurang tepat, akan mengakibatkan nuansa yang lebih murung atau suram.

Oleh karena itu, pemilihan warna ini harus diperhatikan dengan tepat. Tak hanya sekadar pemilihan warna dinding saja, namun palet warna pada elemen dekorasi lainnya pun turut memengaruhi nuansa ruangan.

Baca juga: 5 Hal yang Dapat Membuat Kamar Tidur Menjadi Nyaman dan Estetik

Terlebih ruangan yang sering digunakan seperti kamar tidur. Melansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (8/7/2021), palet warna yang menyenangkan dapat membangun nuansa yang menyenangkan juga, seperti berikut ini.

1. Warna seprai

Ganti seprai tempat tidur netral dengan seprai katun yang nyaman dalam warna pastel lembut untuk menambahkan lapisan warna ke kamar tidur Anda.

Pilih skema warna yang sama dengan tema dekorasi kamar tidur Anda, dan berikan skema warna yang sesuai dengan selimut serta bantal.

2. Bantal

Agar tempat tidur terlihat lebih menarik, tambahkan dengan bantal kecil dengan berbagai bentuk, pola, dan hiasan sesuai dengan tema dekorasi kamar tidur Anda. Jangan lupa untuk tetap mencucinya secara teratur agar memberikan kesegaran.

Baca juga: 5 Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur yang Sering Terjadi

3. Tambahkan karya seni

Untuk memberikan perubahan warna pada dinding tanpa pengecatan ulang, Anda dapat menggantungkan karya seni yang memiliki skema warna menyatu dengan tema dekorasi ruangan.

Agar tidak banyak warna yang diaplikasikan di dalam kamar tidur, gunakan skema warna yang sudah ada dari bantal atau selimut Anda.

4. Atur meja

Manfaatkan permukaan nakas untuk menampilkan satu atau dua aksesori dengan warna favorit Anda. Jika Anda merasa sulit untuk menyatukan palet warna, ulangi warna yang ada di tempat tidur atau bantal Anda. 

Selain itu, jangan lupa tentang penyimpanan, gabungkan wadah untuk mengatur perhiasan dan aksesori lainnya di atas nakas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com