Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mahkota Daun Nanas Bisa Ditanam, Begini Caranya

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila Anda membeli buah nanas utuh di pasar atau pasar swalayan, jangan langsung membuang mahkota daunnya. Sebab, Anda bisa menanam kembali mahkota daun nanas sehingga tumbuh dan dapat Anda panen.

Cukup pilih nanas segar dari pasar, potong bagian atasnya dan tumbuhkan tanaman. Cobalah memilih satu yang memiliki dedaunan paling menarik, atau dedaunan beraneka ragam, untuk mahkota daun nanas unik yang dapat Anda nikmati sepanjang tahun.

Dilansir dari Gardening Know How, Sabtu (31/7/2021), berikut cara menanam mahkota daun nanas yang dapat dilakukan di pekarangan rumah Anda.

Cara menanam nanas dari mahkota daunnya

Setelah Anda membeli buah nanas utuh, potong bagian atas daun sekitar 1,5 cm di bawah daun. Kemudian buang beberapa daun yang paling bawah.

Potong bagian luar bagian atas nanas di bagian bawah mahkota, atau batang, sampai Anda melihat tunas akar. Ini harus menyerupai benjolan kecil berwarna cokelat di sekeliling batang.

Biarkan bagian atas nanas mengering selama beberapa hari hingga satu minggu sebelum ditanam. Ini membantu bagian atas untuk menyembuhkan, mengecilkan masalah dengan pembusukan.

Menanam mahkota daun nanas

Meskipun mungkin untuk menumbuhkan nanas di dalam air, kebanyakan orang lebih beruntung menanamnya di tanah. Gunakan campuran tanah ringan dengan perlit dan pasir.

Tempatkan bagian atas nanas di dalam tanah hingga ke pangkal daunnya. Siram secara menyeluruh dan letakkan di tempat yang terang, cahaya tidak langsung.

Jaga agar tetap lembab sampai akarnya berkembang. Diperlukan waktu sekitar dua bulan atau 6-8 minggu untuk pembentukan akar.


Anda dapat memeriksa dengan menarik bagian atas perlahan untuk melihat akarnya. Setelah pertumbuhan akar yang signifikan telah terjadi, Anda dapat mulai memberi tanaman cahaya tambahan.

Hal-hal yang harus diperhatikan

Saat menanam mahkota daun nanas, Anda harus menyediakan setidaknya enam jam cahaya terang. Sirami tanaman Anda sesuai kebutuhan, biarkan mengering di antara penyiraman.

Anda juga dapat menyuburkan tanaman nanas dengan pupuk tanaman hias larut sekali atau dua kali sebulan selama musim kemarau.

Karena nanas adalah tanaman yang tumbuh lambat, jangan berharap untuk melihat mekar setidaknya selama dua hingga tiga tahun, jika sama sekali. Namun, dimungkinkan untuk mendorong pembungaan tanaman nanas dewasa.

Meletakkan tanaman di sisinya di antara penyiraman dianggap membantu mendorong produksi etilen yang merangsang bunga. Anda juga dapat menempatkan nanas dalam kantong plastik dengan apel selama beberapa hari.

Apel terkenal karena mengeluarkan gas etilen. Dengan sedikit keberuntungan, pembungaan akan terjadi dalam dua hingga tiga bulan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/31/072700476/mahkota-daun-nanas-bisa-ditanam-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke