Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagai Manfaat Buah dan Sayuran sebagai Bahan Pembersih Alami

Kompas.com - 25/06/2021, 19:30 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengonsumsi buah dan sayuran adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi sehingga dapat menjaga tubuh tetap sehat.

Namun, selain menyehatkan, buah dan sayuran juga memiliki manfaat untuk membersihkan rumah

Baca juga: 5 Pohon Buah yang Dapat Tumbuh di Ruangan

Dilansir dari One Green Planet, Jumat (25/6/2021), berikut kegunaan dan manfaat beberapa buah dan sayuran sebagai bahan pembersih rumah. 

Menyingkirkan lalat

Munculnya segerombolan lalat ke rumah yang sudah bersih tentu amat sangat menyebalkan. Untungnya, ada banyak aroma alami yang tidak disukai serangga pengganggu tersebut.

Kamu dapat mencegahnya dengan meletakkan tanaman herbal seperti kemangi, lavender, rosemary, mint, atau daun salam di dekat pintu masuk.

Baca juga: Kenapa Bagian Bawah Buah Tomat Membusuk? Penyebab dan Solusinya 

Bisa pula menempelkan cengkih ke dalam potongan lemon. Aroma cengkih dan lemon akan mengusir lalat dari rumah.

Disinfektan dan cairan pembersih

Gunakan buah dan sayuran untuk membuat semprotan yang aman, aroma harum, dan mendisinfektan. Campurkan cuka dengan air grapefruit (jeruk bali merah) dan baking soda untuk membuat pembersih serbaguna.

Masukkan kulit jeruk ke cuka dan rendam di tempat gelap selama beberapa minggu untuk membuat semprotan jeruk disinfektan. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menanam Sayuran di Pot

Gosokkan setengah buah lemon pada buih sabun, kerak kapur, dan noda air di kamar mandi. Campurkan air perasan lemon dan soda kue menjadi pasta dan gunakan sebagai pembersih toilet

Hapus karat

Singkirkan karat dengan kentang. Bahan makanan satu ini mengandung asam oksalat, yang juga ditemukan dalam pembersih komersial, tetapi tanpa semua bahan kimia dan racun tambahan.

Gunakan alternatif alami ini untuk singkirkan peralatan rumah tangga yang berkarat seperti pisau, loyang, peralatan masak besi cor, dan lainnya. 

Baca juga: 6 Manfaat Lemon Untuk Membersihkan Ragam Peralatan di Rumah

Polesan logam

Buat bahan logam seperti tembaga, kuningan, dan krom menjadi berkilau dengan sedikit lemon dan garam.

Gosokkan sedikit mentimun pada stainless steel untuk membuatnya bersinar. Poles bahan perak agar berkilau dengan irisan lemon, kentang, atau kulit pisang.

Mengharumkan ruangan 

Letakkan stoples terbuka berisi air jeruk yang dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah favoritmu di atas meja untuk mengharumkan dan membersihkan ruangan. 

Baca juga: 7 Benda di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Lemon

Menghapus noda 

Kulit mentimun menjadi bahan yang aman dan ramah lingkungan serta efektif menghapus krayon dan noda lain di dinding atau lantai.

Membersihkan cermin berkabut

Jus mentimun dapat membersihkan cermin kamar mandi yang kerap berkabut atau lembap serta membuatnya tahan kabut. 

Baca juga: Dijamin Berhasil, Ini Cara Mudah Menanam Mentimun

Membersihkan tanaman berdebu

Tanaman yang tertutup debu atau bulu hewan peliharaan tidak bisa mendapatkan oksigen dan cahaya yang mereka butuhkan untuk menjadi kuat dan sehat.

Namun, kamu bisa membersihkan daun tanaman dengan kulit pisang, yang bertindak sebagai pelembab alami untuk tanaman dan menjaganya tetap bersih, berkilau, juga sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com