Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dibuang, Ini Cara Menanam Kembali Sisa Sayuran di Dapur

Kompas.com - 13/07/2021, 17:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam berbagai jenis tanaman saat ini menjadi aktivitas yang digemari di tengah pandemi. Berbagai tanaman hias daun, bunga, sayuran, dan herbal bisa menjadi pilihan dalam kegiatan menanam ini.

Dilansir dari Martha Stewart, Selasa (13/7/2021), Anda bisa menanam sendiri sayuran dan rempah-rempah tertentu dengan menggunakan sisa makan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur dari Tanah Tanaman

"Ada banyak sayuran dan rempah-rempah, termasuk seledri, ketumbar, bawang putih, dan bawang bombay, yang dapat dengan mudah ditanam kembali dari sisa-sisa di dapur," kata Amy Enfield, ahli hortikultura di ScottsMiracle-Gro dan juru bicara Bonnie Plants.

Meski tidak semua sayuran akar dapat menumbuhkan kembali akar baru yang dapat dimakan, ada beberapa sayuran seperti bit dan wortel yang dapat menumbuhkan sayuran segar yang bagus untuk salad.

Lantas, bagaimana caranya? Berikut ini beberapa cara menanam kembali sisa sayuran di dupur menjadi tanaman baru. 

Baca juga: Ragam Manfaat Pupuk TSP untuk Tanaman

Identifikasi bagian tanaman mana yang dapat tumbuh kembali 

Tidak semua bagian sayuran dapat ditumbuhkan kembali. Untuk itu, dalam banyak kasus, Anda perlu menyimpan pangkal tanaman tempat akar tumbuh semula.

"Untuk sayuran seperti bawang merah, daun bawang, seledri, kubis, dan selada, Anda perlu menyimpan bagian bawah tanaman satu hingga dua inci," kata Enfield. 

Baca juga: 6 Pertimbangan Sebelum Merawat Tanaman di Dalam Rumah

Dasar akan membentuk akar baru dan tunas baru akan muncul dari atas. Untuk bit, wortel, dan lobak, Enfield merekomendasikan menanam bagian atas sayuran dengan sepotong kecil akar yang menempel.

"Bagian atas akan membentuk tunas baru yang dapat dipanen untuk baby green, tetapi tanaman tidak akan menumbuhkan kembali akar lain yang dapat dimakan," tambahnya. 

Baca juga: Ini Akibat jika Tanaman Tidak Memperoleh Sinar Matahari yang Cukup 

Tanam sayuran dengan cara yang benar 

Menurut Enfield, sebagian besar sisa dapur yang dapat ditanam kembali akan tumbuh subur di air, sementara yang lain perlu ditanam di tanah. "Sebagian besar sisa dapur bisa dimulai dari air," ucapnya.

Namun, ingatlah untuk tidak merendam tanaman sepenuhnya. Untuk potongan bawang merah, kentang, bawang putih, dan jahe, dia merekomendasikan untuk memulainya di air terlebih dahulu sebelum memindahkannya ke tanah setelah tanaman mengembangkan akar baru. 

Baca juga: Simak, Ini Fungsi Batu dan Kerikil di Dalam Pot Tanaman Hias

Menyediakan kondisi yang kondusif untuk pertumbuhan 

Sama dengan tanaman lainnya, Enfield mengatakan sisa-sisa dapur membutuhkan tingkat cahaya, kelembapan, dan suhu yang tepat untuk tumbuh kembali dengan benar.

"Kebanyakan buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh. Jadi, letakkan tanaman di samping jendela yang cerah," ujarnya.

Tanaman juga harus ditempatkan di tempat yang hangat dan tidak ada angin. Jika menanam tanaman di tanah, pastikan untuk membuatnya tetap lembap, tetapi tidak basah. Ketika bagian atas tanah kering, artinya ini waktu untuk menyiramnya. 

Baca juga: Intip 6 Manfaat Kayu Manis untuk Tanaman

Tidak seperti bentuk aslinya

Sementara beberapa sayuran dapat tumbuh kembali secara keseluruhan, tetapi Enfield mengatakan bahwa ada beberapa tanaman yang hanya memberikan hasil sebagian.

"Tidak semuanya akan tumbuh kembali menjadi produk asli yang Anda miliki. Akar sayuran yang ditumbuhkan kembali tidak akan membentuk kembali umbi untuk dipanen," ujarnya.

Jika memutuskan untuk menyimpan dan menumbuhkan kembali benih, sayuran yang dipanen mungkin tidak sama dalam ukuran, warna, bentuk, bahkan rasa dengan aslinya. 

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Tanaman Daun Mint yang Kering dan Layu

Perawatan 

Setelah memindahkan sisa-sisa akar ke luar di kebun, Enfield mengatakan untuk memperlakukannya sama dengan sayuran lainnya.

"Pilih tempat yang mendapat banyak sinar matahari, sirami secara teratur, serta beri pupuk secara teratur."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com