Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Ini 7 Manfaat Mendekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

Kompas.com - 17/07/2021, 09:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi rumah dengan tanaman hias menjadi tren yang semakin populer. Pun ternyata tanaman hias lebih dari sekadar menambahkan sedikit nuansa hijau ke ruangan, namun juga memberikan berbagai manfaat fisik dan mental.

Meskipun manfaat terpapar alam sudah banyak diketahui, ternyata seperti halnya tanaman di luar ruangan, tanaman hias dapat memberi efek positif pada kualitas udara, suasana hati, dan bahkan kesehatan mental kita.

Dikutip dari The Spruce, Sabtu (17/7/2021), berikut beberapa manfaat mendekorasi rumah dengan tanaman hias.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Berdaun Putih untuk Mempercantik Ruangan

1. Tanaman dapat membersihkan udara

Tanaman sangat baik dalam menghilangkan racun dari udara dan selanjutnya meningkatkan kualitas udara. Studi NASA telah menemukan bahwa tanaman dapat menghilangkan lebih dari 80 persen senyawa organik volatil (VOC) setiap 24 jam.

Ilustrasi tanaman lidah mertua di dalam ruangan.SHUTTERSTOCK/AQUARIUS STUDIO Ilustrasi tanaman lidah mertua di dalam ruangan.

VOC adalah senyawa kimia yang dapat ditemukan di banyak barang rumah tangga seperti cat, karpet, mainan, dan lainnya yang menguap dan mengganggu kualitas udara, yang dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi penghuninya.

VOC umum termasuk formaldehida, aseton, etanol, butanol, dan benzena, yang semuanya dapat ditemukan di bangunan modern yang dikontrol iklim.

Satu tanaman besar, atau dua tanaman kecil, per 9,2 meter persegi direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas udara secara nyata.

Baca juga: Simak, Ini Fungsi Batu dan Kerikil di Dalam Pot Tanaman Hias

2. Membantu meningkat mood

Tanaman juga dapat berdampak positif pada suasana hati Anda. Sebuah penelitian telah menunjukkan hubungan antara peningkatan suasana hati dan keberadaan tanaman.

Satu studi menemukan bahwa interaksi aktif dengan tanaman, dan bahkan tanah pot, dapat membantu mengurangi stres sehari-hari. Ini berkat mikroba kecil bernama "outdoorphins" yang ada di tanaman dan tanah yang bertindak sebagai antidepresan alami.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com