Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Rapi

Kompas.com - 11/07/2021, 18:14 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, mungkin berpikir bahwa memiliki rumah yang sangat bersih dan rapi membutuhkan ketekunan serta dedikasi luar biasa.

Namun, pada kenyataannya, hal tersebut jauh lebih mudah dari yang dibayangkan. Sebab, kamu tidak perlu menyedot debu setiap hari atau mencuci pakaian terus-menerus untuk menjaga rumah tetap bersih. 

Baca juga: 8 Cara Mudah Membersihkan Debu di Rumah, Tertarik Coba?

Cukup melakukan beberapa langkah sederhana ke dalam rutinitas harian dan mingguan dapat menjaga rumah tetap bersih dan rapi.

Dilansir dari beberapa sumber, Minggu (11/7/2021), berikut ini adalah kebiasaan sederhana  yang dapat menjaga rumah tetap bersih dan rapi. 

Baca juga: Apa Itu Debu? Pemicu dan Cara Menghilangkannya

Segera membersihkan dan merapikan kekacauan kecil

Luangkan sedikit waktu untuk segera membereskan kekacauan kecil yang muncul di hadapan. Entah itu, tumpukan buku yang berantakan atau surat-surat yang tak lagi dibutuhkan.

Dengan begitu, kamu mencegah barang-barang menjadi menumpuk tak beraturan sehingga tidak menciptakan kekacauan besar.

Bonusnya, kamu menyelamatkan dirimu dari keharusan membuang waktu pada akhir pekan untuk membersihkan dan merapikan kekacauan sekaligus. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menjaga Rumah Bebas Debu

Bersihkan peralatan masak dan rapikan kekacauan saat memasak

Jangan menunggu untuk membersihkan dan merapikan kekacauan di dapur sampai setelah makan karena bisa membuat kamu malas dan tidak jadi mengerjakannya.

Sebaliknya, bersihkan segala sesuatu di sekitarmu saat menunggu masakan akan matang. Dengan begitu, kamu akan makan dengan tenang dan santai, karena kondisi dapur yang sudah bersih. 

Baca juga: 7 Ide Penataan Dapur Bentuk L, Klasik tapi Fungsional

Catat dan beri peringatan saat memiliki rencana untuk membersihkan

Jika menyadari pakaian kotor menumpuk pada Jumat pagi, kamu mungkin merencanakan untuk mencuci semua pakaian pada waktu weekend seperti Minggu.

Namun, kamu mungkin hanya merencanakan. Ingat, betapa mudahnya seseorang melupakan atau menunda suatu pekerjaan sampai akhirnya tidak dikerjakan maupun tertunda.

Jadi, selamatkan dirimu dengan mencatat dan menyetel peringatan di ponselmu saat akan mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan kebersihan dan kerapihan rumah. 

Baca juga: 5 Tips Jitu Membuat Dapur Mungil Terlihat Lebih Luas

Jauhkan barang-barang berlebih dari pandangan

Sering kali faktor terbesar yang berkontribusi pada kekacauan adalah mengabaikan hal-hal yang tak perlu sebenarnya terlihat.

Jika kamu tidak membaca majalah di meja samping tempat tidur atau jika barang-barang di meja rias tidak sesuai, masuk akal untuk menyembunyikannya.

Ketika memiliki terlalu banyak barang yang tidak dibutuhkan atau tidak memiliki tempat penyimpanan, cobalah menyumbangkan barang tersebut. 

Baca juga: 7 Kegunaan Lain Vacuum Cleaner, Tidak Hanya untuk Menyedot Debu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com