Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2021, 19:43 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Livespace

JAKARTA, KOMPAS.com - Alergi dan gangguan pernapasan memengaruhi hampir 20 persen populasi bumi. Apalagi, kini kebanyakan orang beraktivitas di dalam rumah sehingga membuat lingkungan rumah yang anti alergi adalah suatu keharusan.

Dilansir dari Livespace, Senin (1/3/2021), dengan mengetahui cara mengurangi alergi di dalam rumah dapat mengurangi kemungkinan jatuh sakit.

Berikut beberapa cara untuk mengurangi risiko terkena alergi di dalam rumah.

Baca juga: 8 Cara Mudah Menghilangkan Debu di Rumah

Pilih pelapis yang mudah dibersihkan

Pelapis kulit atau vinil adalah pilihan terbaik untuk sofa, kursi empuk, dan kursi Anda. Bahan-bahan ini dapat dibersihkan dengan mudah dan tersedia dalam berbagai corak dan corak yang sesuai dengan desain rumah apa pun.

Furnitur apung

Untuk membuat rumah yang benar-benar anti alergi, Anda perlu membersihkan debu secara menyeluruh dan membersihkannya secara teratur, terutama di semua celah dan celah kecil.

Rak apung, konsol, dan sejenisnya membuat furnitur Anda terangkat dari lantai sehingga mudah untuk menyedot debu dan membersihkan secara menyeluruh.

Gorden yang mudah dicuci

Tirai atau gorden secara alami menjadi alat untuk menarik debu dan menyerap bau dari waktu ke waktu. Gorden katun, nilon, atau poliester yang cantik dan bisa dicuci dengan mesin terlihat berkelas sekaligus mudah dirawat.

Baca juga: 4 Tanaman Ini Dapat Menghilangkan Debu di Dalam Ruangan

Cuci tirai dengan air dingin dengan siklus lembut setiap tiga hingga empat minggu sekali. Meskipun Anda dapat langsung menggantung kain sintetis setelahnya, Anda mungkin harus menyetrika tirai katun agar terlihat rapi dan tajam.

Hindari karpet lebar

Hindari penggunaan karpet dari dinding ke dinding karena dapat mengumpulkan debu dan kotoran yang memicu alergi.

Sebaliknya, pilih lantai kayu keras atau linoleum. Namun, jika Anda lebih suka karpet, karpet yang bisa dicuci atau karpet dengan serat pendek adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, pastikan untuk mencuci karpet secara teratur untuk menghindari debu, serangan serangga, dan lain-lain. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com