Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Aman Mengangkat Kulkas Saat Akan Memindahkannya?

Kompas.com - 01/03/2021, 17:40 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas atau lemari es, biasanya menjadi salah satu perabotan elektronik rumah yang penempatan atau peletakkannya jarang untuk dipindahkan penghuni rumah.

Namun, saat kamu berencana untuk memindahkan kulkas karena ingin mendekorasi ulang atau karena akan pindah rumah, mungkin kamu bingung tentang bagaimana cara mengangkutnya.

Berbeda dengan perabotan elektronik rumah tangga yang lain, kulkas adalah barang yang tidak memiliki pegangan, sehingga akan sulit diketahui untuk memindahkannya.

Baca juga: Pintu Kulkas Dibiarkan Terbuka, Apa yang Akan Terjadi?

Lantas bagaimana cara untuk mengangkut kulkas ketika ingin memindahkannya? Apakah diangkut dari samping? Dari bagian bawah kulkas? direbahkan? Atau seperti apa?

Untuk mengetahui persoalan satu ini, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara mengangkut kulkas dengan aman dan benar saat akan dipindahkan, dilansir dari Smart Kitchen, Senin (1/3/2021).

Ketika kamu benar-benar perlu memindahkan kulkasmu, kamu harus berhati-hati karena tidak ada formula ajaib yang akan membuat pemindahan kulkas tidak terlalu merepotkan dan melelahkan.

Tdak hanya berukuran besar, kulkas juga lebih berat dan tidak praktis, dan tentu juga harganya tidak murah, terlebih bagi kamu yang memiliki kulkas dengan fitur teknologi canggih.

Baca juga: 5 Pilihan Kulkas Premium Terbaik dari Berbagai Merek

Jadi, saat memindahkannya, kamu harus cukup berhati-hati untuk menghindari risiko apapun.

Sekarang, selama proses pemindahan, kamu mungkin menemukan tips atau bahkan mengangkut kulkas dengan mengangkatnya dari punggungnya (bagian belakang kulkas) untuk melewati kendaraan, pintu, atau lantai atas.

Meskipun hal ini terkadang tidak dapat dihindari, mengangkut bagian belakang atau samping kulkas seperti menidurkannya tidaklah ideal dan dapat menyebabkan masalah.

Mungkin, nalurimu ingin mengangkat kulkas dari setiap sisinya atau dengan menidurkannya, karena dianggap lebih memudahkan. Tetapi, kamu harus menghindari godaan itu, karena dapat merusak kulkas.

Kegagalan mengangkut kulkas dengan benar menyebabkan kulkasmu mendapat kerusakan serius.

Salah satu risiko utama mengangkut kulkas dari sisi atau punggungnya adalah hal itu dapat menyebabkan pergerakan cairan di dalam kulkas ke lokasi yang tidak seharusnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com