Kompas.com - 09/07/2021, 09:23 WIB
Ilustrasi dapur, lemari dapur. UNSPLASH/SCIENCE IN HDIlustrasi dapur, lemari dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menentukan tata letak yang tepat adalah kunci untuk membuat dapur berfungsi dengan baik. Ini membutuhkan pertimbangan yang cermat, sebab akan menjadi kekecewaan dan kerugian jika Anda salah memilih tata letak dapur.

Salah satu desain dapur yang banyak digunakan adalah dapur bentuk L. Desain dapur bentuk L menawarkan banyak fleksibilitas tanpa membuat dapur tampak tertutup atau sempit.

Dilansir dari Ideal Home, Jumat (9/7/2021), saat memutuskan tata letak untuk dapur, pilihan Anda sebagian besar ditentukan oleh bentuk dan ukuran ruangan, tetapi itu tidak berarti Anda harus membatasi diri dalam hal desain.

Baca juga: 5 Tips Jitu Membuat Dapur Mungil Terlihat Lebih Luas

Baik ruangannya luas atau sempit, desain dapur bentuk L cocok dengan kabinet kontemporer dan tradisional. Selain itu, bentuknya cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan kebutuhan struktural seperti langit-langit miring atau jendela besar.

Memperhatikan garis pandang, arus lalu lintas dan titik masuk dan keluar pada tahap perencanaan sangat penting. Dapur bentuk L sangat bagus untuk ruang yang sempit atau terhubung dengan ruang lainnya, dengan rapi menjaga zona kerja terbatas pada satu area.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana cara menata dapur bentuk L?

Tata letak dapur yang ergonomis berfokus pada penciptaan jalur yang mulus dan intuitif, serta lingkungan memasak yang paling efisien dan nyaman. Meja dapir dan lemari dapur diposisikan agar sesuai dengan fisik pengguna dan pekerjaan yang ada.

Adapun wastafel dapur dan peralatan ditempatkan untuk mendorong pergerakan logis dalam kegiatan memasak. Untuk penyimpanan, pastikan persediaan dan peralatan memasak disimpan di tempat yang paling sering digunakan.

Baca juga: Meja Dapur Marmer Lebih Mudah Terkena Noda, Penyebab dan Solusinya

Berikut ini beberapa ide penataan dapur bentuk L agar rapi dan membuat kegiatan memasak menjadi mulus dan terpusat dengan baik.

1. Penyimpanan vertikal

Dapur berbentuk L efisien dalam memanfaatkan ruang sebaik mungkin. Gunakan seluruh dinding untuk membuat solusi penyimpanan cerdas, dari lantai hingga langit-langit.

Apabila dapur Anda tidak memiliki jendela, maka tempatkan lemari dapur yang sesuai dengan selera Anda di atas dinding backsplash. Lemari penyimpanan ini mencakup seluruh lebar dinding dan mencapai langit-langit untuk memastikan setiap inci ruang dimanfaatkan.

Untuk menambahkan elemen penyimpanan vertikal cerdas lainnya, simpan set pisau atau peralatan masak lainnya di sepanjang strip magnetik yang terpasang di dinding.

Halaman:


Sumber ideal home
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.