Kompas.com - 21/06/2021, 09:30 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah di saat pandemi Covid-19. ShutterstockIlustrasi membersihkan rumah di saat pandemi Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak peduli seberapa sering membersihkan rumah, nyatanya debu masih saja ada di rumah meski jumlahnya sedikit.

Debu adalah masalah besar yang dihadapi semua penghuni rumah atau orang setiap harinya. Keberadaan debu di rumah lebih dari sekadar gangguan. 

Baca juga: Tips Hilangkan Debu agar Rumah Jadi Lebih Sehat

Debu dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti gangguan pernapasan, alergi, bahkan asma, serta mengganggu kualitas hidup.

Debu di rumah tak lain berasal dari kotoran, di antaranya sel kulit mati, rambut, serat kain, abu kendaraan, sisa-sisa makanan, serta polusi udara.

Meminimalkan jumlah debu di rumah dapat memperbaiki kualitas udara serta membantu memperpanjang usia furnitur, benda-benda, dan peralatan elektronik di rumah. 

Baca juga: Area dan Benda di Rumah yang Kerap Terlupakan Saat Membersihkan Debu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk membersihkan debu di rumah, membutuhkan pembersihan mingguan secara teratur. Melansir dari Bobvila, Senin (21/6/2021), berikut cara menjaga rumah bebas debu.

Gunakan keset berbulu 

Setiap kali penghuni rumah atau tamu datang dari luar, mereka tentu membawa kotoran ke dalam rumah. Partikel kotoran kecil ini adalah komponen utama debu. 

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan TV Layar Datar dari Debu dan Kotoran

Untuk menjaga rumah bebas debu, gunakan keset eksterior dan interior di teras maupun pintu depan rumah, terutama yang memiliki bagian atas berbulu. 

Dengan keset bulu dapat menjebak kotoran dan mencegahnya masuk lebih jauh ke rumah . Jangan lupa mencuci atau vakum keset secara teratur demi mencegah penumpukan. 

Baca juga: 7 Kegunaan Lain Vacuum Cleaner, Tidak Hanya untuk Menyedot Debu

Tingkatkan perawatan hewan peliharaan

Sel kulit mati dan rambut yang rontok adalah sumber utama debu. Bila memiliki hewan peliharaan di rumah, tentu sahabat berbulu ini turut menyumbangkan banyak debu di rumah lewat bulu yang dimilikinya.

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X