Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2021, 18:55 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com—Saat memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan, kamu sudah harus berkomitmen untuk menjaga dan memberikan mereka kasih sayang. Salah satu hal yang wajib dilakukan oleh pemilik adalah dengan mengajak hewan bermain.

Bermain dengan sahabat berbulu adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Karena, kamu dan hewan akan merasa senang sembari mengolah fisik. 

Menurut VCA Animal Hospitals, anak anjing yang sering diajak bermain cenderung tidak mengembangkan perilaku bermasalah, seperti mengunyah, menggali, dan menggonggong yang berlebihan. 

Bermain sekaligus berolahraga sangat penting dilakukan terutama jika kamu akan meninggalkan hewan peliharaan sendirian di rumah untuk sementara waktu.

Mengajak hewan bermain, terutama anjing, sangatlah penting untuk perkembangan emosi mereka. Selain itu berikut deretan manfaat mengajak hewan peliharaan bermain seperti dilansi

Untuk kamu yang masih sering absen mengajak hewan peliharaanmu bermain, ketahuilah bahwa bermain penting untuk perkembangan anjing. Berikut tiga alasan mengapa bermain sangatlah penting untuk hewan peliharaan seperti dilansir dari Better Homes and Gardens, Minggu (20/6/2021).

Baca juga: Tips Mencegah Kegemukan Pada Hewan Peliharaan

1. Tingkatkan perilaku positif

Luangkan waktu setidaknya 30 menit sebanyak dua kali sehari untuk bermain dengan hewan peliharaan.

Bermain bisa meningkatkan jalinan antara kamu dan hewan peliharaan, hal ini terbukti meningkatkan perilaku secara keseluruhan, terutama pada anjing.

Untuk kamu yang, memiliki kucing, lakukanlah hal yang sama. Karena hal ini juga penting bagi si Manis.

Kebanyakan pemilik kucing meremehkan pentingnya bermain bersama. Padahal, terlibat dengan hewan peliharaan dalam permainan, akan membuatmu dan kucing peliharaan semakin dekat dan meningkatkan perilaku positif pada kucing.

Baca juga: 8 Cara Menjaga Rumah Tetap Aman untuk Hewan Peliharaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com