Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2021, 19:35 WIB
Lolita Valda Claudia,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Lahan terbatas tak membuat para pencinta tanaman kehabisan akal. Kini, balkon menjadi salah satu tempat berkebun yang tak kalah asyik dibanding pekarangan atau halaman rumah.

Tentu saja, keberadaan tanaman di balkon semakin membuat balkon menjadi cantik dan menyenangkan, apalagi balkon juga difungsikan sebagai tempat berkumpul atau bersantai bersama keluarga.

Baca juga: Tips Memilih Pagar yang Pas untuk Balkon Rumah

Lantas, bagaimana cara menata tanaman di balkon agar tetap indah dan tidak mengganggu fungsi balkon sebagai tempat berkumpul?

Melansir dari Newdecoratingtrends, Minggu (20/06/2021), berikut ini cara menata tanaman di balkon agar tampak cantik dan rapi. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias Terbaik untuk Balkon, Bambu hingga Geranium

Perencanaan ruang

Tentukan dan pertimbangkan kegiatan apa yang akan dilakukan di balkon. Apakah hanya berkebun, berkumpul bersama keluarga, atau keduanya? 

Kemudian, tentukan kapan harus menyiram tanaman, jumlah tanaman yang akan diletakkan di balkon, dan berapa luas balkon yang akan digunakan untuk berkebun?

Baca juga: Tanaman Hias dan Sayuran yang Cocok Diletakkan di Balkon

Pastikan ukuran tanaman dan perawatannya tidak mengganggu aktivitas berkumpul dan bersantai bersama keluarga dan teman. 

Perencanaan ruangan ini penting dipertimbangkan sebelum memutuskan membuat kebun di balkon agar fungsi utama dari balkon sebagai tempat bersantai tidak terabaikan karena adanya tanaman.

Baca juga: Ingin Berkebun di Balkon Apartemen? Perhatikan 5 Hal Ini Terlebih Dulu

Cari tahu tanaman yang cocok untuk balkon

Banyak orang gagal memelihara tanaman di balkon karena salah memilih jenis tanaman. Karena itu, pilihlah tanaman yang sesuai dengan kondisi suhu, lingkungan, serta cuaca di tempat tinggal.

Selain itu, pertimbangkan juga curah hujan, angin, dan asupan sinar matahari langsung pada tanaman.

Baca juga: Mau Menghias Balkon dengan Tanaman? Perhatikan 4 Hal Ini Dulu

Mengingat Indonesia adalah negara tropis, sebaiknya memilih tanaman untuk balkon yang dapat bertahan dan berkembang dengan baik di bawah sinar matahari seperti kaktus, sukulen, bugenvil, lavender, rosemary, pakis, dan monstera deliciosa.

Dengan memilih jenis tanaman yang tepat, kamu tidak akan kesulitan merawat tanaman di balkon rumah dan diharapkan tanaman dapat tumbuh subur.

Baca juga: 4 Cara Membuat Balkon Rumah Terlindungi dari Paparan Hujan

Perlindungan dan perawatan tanaman

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam keberhasilan berkebun di balkon adalah perlindungan dan perawatan tanaman.

Karena posisi tanaman di balkon, maka akan sering terkena angin dan sinar matahari terik. Maka, kamu harus mengontrol asupan air pada tanaman. Jangan sampai tanaman kekurangan air karena bisa menyebabkan layu, bahkan mati.

Baca juga: 6 Tips Membuat Balkon Rumah Menjadi Lebih Cantik

Untuk perlindungan ekstra, kamu bisa memasang tirai bambu atau sejenisnya guna melindungi tanaman dari cuaca buruk.

Penataan tanaman

Selain memperhatikan kelangsungan hidup tanaman, kamu juga harus mencari gaya penataan tanaman yang pas agar terlihat rapi, rimbun, dan tentunya aesthetic.

Baca juga: Tips Mendesain Balkon Kecil untuk Rumah dan Apartemen

Kelompokan tanaman berdasarkan ukuran dan jenis perawatannya. Gunakan rak susun untuk meletakkan tanaman yang menggunakan pot agar lebih rapi dan mempunyai banyak ruang.

Jangan lupa pilih juga pot tanaman yang warna dan desainnya sesuai dengan interior balkon agar selaras dan semakin cantik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com