Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kesalahan Desain Dapur yang Sering Terjadi, Apa Saja?

Kompas.com - 02/07/2021, 09:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur sering dikatakan merupakan jantungnya rumah. Oleh sebab itu, desain dapur yang nyaman dan menyenangkan tentu akan membuat kegiatan memasak dan menyiapkan makanan menjadi menyenangkan pula.

Merenovasi atau menata ulang dapur bukanlah hal yang mudah, sebab banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Meski demikian, seringkali desain dapur malah tidak memenuhi harapan Anda dalam bentuk, fungsi, atau keduanya.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Jumat (2/7/2021), ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat mendesain dapur, jadi masuk akal jika terjadi kesalahan.

 

Baca juga: Cara Memperbaiki Pintu Kabinet Dapur yang Tidak Tertutup Rapat

Tetapi jika Anda menginginkan dapur yang benar-benar layak disebut "jantung rumah," penting untuk selalu terlibat selama proses desain dapur.

Berikut ini beberapa kesalahan desain dapur yang kerap terjadi pada rumah maupun apartemen.

1. Gagal merencanakan segitiga kerja

Jarak peralatan dapur yang terlalu jauh satu sama lain dapat mengganggu proses memasak Anda. Menurut Rebecca Poutney dari Yellow Letterbox, salah satu hal yang perlu dipikirkan dengan tata letak dapur dan sering dibicarakan, adalah segitiga kerja.

“Ini tentang penempatan peralatan utama Anda. Jadi kompor Anda, lemari es dan wastafel Anda. Salah satu hal yang membuat orang salah adalah karena jaraknya terlalu jauh satu sama lain, jadi Anda terus-menerus berjalan di sekitar dapur Anda," kata Poutney.

Baca juga: Cara Membersihkan Aneka Noda pada Lemari Dapur

2. Tidak menyisakan cukup ruang untuk pintu lemari terbuka dengan bebas

Penting untuk memberikan ruang yang cukup di antara laci, pintu, dan peralatan untuk menampung pegangan dan kenop, serta berapa banyak ruang yang Anda perlukan untuk membuka kulkas atau laci mesin pencuci piring.

Idealnya, Anda menginginkan ruang yang cukup sehingga setiap laci dan pintu dapat dibuka tanpa ada yang saling berbenturan.

3. Mengisi ruang secara berlebihan

Mendapatkan hasil maksimal dari ruang dapur adalah penting, namun, kesalahan umum adalah mencoba menyesuaikan terlalu banyak. Daniel Bertuccio, manajer pemasaran Eurolinx mengatakan, Anda harus realistis dengan ruang yang tersedia.

Mengabaikan hal ini dapat merusak aliran di dapur Anda, membuat ruang menjadi sempit dan tidak dapat digunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com