Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memperbaiki Pintu Kabinet Dapur yang Tidak Tertutup Rapat

Kompas.com - 01/07/2021, 16:55 WIB
Lolita Valda Claudia,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Salah satu permasalahan yang sering dihadapi ketika memasang kabinet dapur ialah pintu kabinet tidak mau menutup rapat.

Hal ini membuat kabinet pun tidak berfungsi maksimal dan mengganggu pandangan. Terlebih, jika kabinet digunakan untuk menyimpan makanan, tentu makanan yang tersimpan rentan terkena debu, bakteri, hingga jamuran.

Nah, untuk menyiasati hal itu, melansir dari berbagai sumber, Kamis (1/7/2021), berikut ini cara memperbaiki pintu kabinet dapur yang tidak tertutup rapat.

Baca juga: 3 Hal yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Kabinet Dapur

Kencangkan engsel

Sebelum membongkar kabinet dapur, cek dulu apakah ada sekrup yang lepas atau tidak kencang sehingga menyebabkan kabinet tidak tertutup rapat.

Cara mengeceknya dengan membuka kabinet dapur, lalu beri sedikit tekanan pada bagian bawah pintu. Jika pintu terangkat, dipastikan ada sekrup yang kendor.

Kemudian, kencangkan sekrup dengan obeng secara perlahan. Nah, ketika mengencangkan sekrup, tapi malah terasa kendor dan tidak mengencang, maka kemungkinan engsel rusak sehingga harus diganti.

Baca juga: Tren 2021: Nuansa Warna Hijau Mendominasi Kabinet Dapur

Sesuaikan jenis engsel

Saat ini, banyak orang menggunakan engsel Eropa untuk kabinet dapur. Jika kabinet dapur yang kamu miliki tidak tertutup rapat karena tumpang tindih atau miring ke depan,  dibutuhkan penyesuaian engsel atau sekrup.

Caranya, gunakan sekrup khusus untuk mengatur engsel Eropa, kemudian putar sekrup berlawanan arah jarum jam untuk menjauhkan pintu dari sisi yang ditutup saat pintu tumpang tindih.

Baca juga: Cara Membersihkan Aneka Noda pada Lemari Dapur

Namun, jika kabinet dapur tidak dapat tertutup rapat atau bercelah, biasanya disebabkan oleh engsel pintu yang kendur.

Cara memperbaikinya dengan memutar sekrup searah jarum jam untuk menggeser pintu ke tepi penutup sehingga kabinet dapat tertutup rapat.

Baca juga: DIY Membuat Tempat Bumbu Dapur dari Botol Bekas

Perbaiki sekrup

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki sekrup, yakni memindahkan engsel atau memperkuat kerangka kabinet di area tersebut dengan melepaskan sekrup. 

Kamu juga bisa memperbaiki area sekrup dengan lem kayu untuk memperkuat lubang sekrup yang telah dilepas. Namun, cara ini hanya solusi sementara.

Baca juga: 5 Penyebab Pisau Dapur Tumpul dan Rusak

Jika lem sudah tak merekat, pintu kabinet akan terbuka lagi. Apabila lubang sekrup dalam kondisi baik, tapi engselnya tidak dapat diperbaiki, sebaiknya ganti dengan engsel baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com