Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2021, 13:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ellementry

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah jantung dari sebuah rumah. Di ruang ini, aktivitas atau hari setiap keluarga dimulai dan diakhiri.

Dapur umumnya dianggap sebagai ruang memasak, tetapi kini dapur telah menjelma sebagai ruang multifungsi. Dapur tidak hanya menyajikan makanan lezat, tetapi juga menyajikan cinta lewat masakan. 

Baca juga: 5 Inspirasi Warna Oranye untuk Dapur Tampak Cantik dan Cerah

Dengan kata lain, dapur menjadi ruang berkumpul bersama keluarga sambil menyantap makanan. Tak heran, saat ini, dapur menjadi ruang terpenting di rumah dan harus terlihat cantik dalam segala hal.

Melansir dari laman Ellementry, Minggu (20/6/2021), berikut ini alasan mengapa penting mendekorasi dapur dibanding ruang lainnya di rumah. 

Baca juga: 6 Peralatan Dapur yang Harus Rutin Dibersihkan 

Pusat rumah

Makanan sehari-hari dimasak di dapur dan itu meningkatkan semangat semua orang. Mendekorasi dapur membantu membuatnya lebih hidup dan menjadi jantung rumah.

Dapur adalah pusat rumah, tempat keluarga dan teman berkumpul, bercengkrama, serta menciptakan kenangan indah.

Mendekorasi dapur dapat membuat kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan, meningkatkan suasana hati, juga membantu menyampaikan pesan kepada orang yang Anda cintai lewat masakan lezat. 

Baca juga: Menurut Chef, 5 Benda Ini Tidak Boleh Ada di Dapur

Ruang eksperimen untuk pencinta makanan

Di setiap keluarga, tentu ada anggota yang suka memasak dan membuat hidangan lezat. Dapur adalah bagian terpenting dari rumah karena mereka yang suka memasak menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bereksperimen dengan makanan.

Untuk itu, penting memiliki peralatan dapur terbaik yang membuat kegiatan memasak dan bereksperimen menjadi sukses serta menyenangkan.

Memasak adalah proses yang melelahkan dan membosankan, tetapi bisa lebih menyenangkan jika memiliki peralatan dapur yang praktis. 

Baca juga: Cara Mendekorasi Dapur Berdasarkan Zodiak

Tempat belajar pertama anak

Pendidikan pertama anak-anak dimulai dari rumah dan pengajaran mereka diperoleh lewat pengasuhan orang tua. Bahkan, pembelajaran awal dimulai dari dapur.

Anak-anak belajar bagaimana menangani sesuatu, memberi arti penting pada makanan atau bagaimana menghargai makanan, dan bagaimana menyajikan cinta di piring dengan makanan.

Karena itu, penting mendekorasi dapur secara kreatif untuk menarik minat anak-anak terhadap memasak dan membantu tumbuh kembang anak. Hal ini pula menjadi alasan penting mendekorasi dapur dibanding ruang lainnya di rumah. 

Baca juga: 7 Pilihan Keramik untuk Lantai Dapur yang Antilicin

Ruang tamu baru di rumah

Dengan modernisasi rumah, dapur tidak lagi menjadi ruang tersendiri. Dapur kini telah berubah menjadi ruang tamu baru.

Kebanyakan rumah saat ini tidak memiliki area yang luas sehingga dalam arsitektur modern dapur dirancang sebagai dapur terbuka.  

Baca juga: 5 Tips Menciptakan Kebahagiaan di Dapur

Halaman:
Sumber Ellementry
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com