Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2021, 13:13 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber home guide

JAKARTA, KOMPAS.com - Aroma di dalam rumah bisa bermacam-macam, dari aroma masakan, hewan peliharaan, hingga aroma lainnya dapat muncul setiap harinya di rumah.

Sayangnya, aroma tersebut tidak enak dihirup, bahkan menimbulkan bau tak sedap. Menggunakan penyegar udara dapat menghilangkan bau tersebut. Namun, tidak semua orang menyukai aroma yang terdapat pada pengharum ruangan

Baca juga: Pengharum Ruangan Aroma Lemon Bikin Udara di Rumah Tak Bersih?

Dilansir dari Home Guides, Minggu (20/6/2021), untuk memberikan aroma yang harum dan menenangkan di dalam rumah, Anda dapat meletakkan berbagai tanaman herbal atau menggunakan tanaman herbal kering. 

Nah, berikut ini cara mengharumkan ruangan di rumah dengan tanaman herbal. 

Dapur

Selain digunakan untuk memasak, tanaman herbal rosemary juga dapat menyegarkan dan mengharumkan ruangan.

Baca juga: Aroma yang Akan Segarkan Rumah dan Bangkitkan Energi

Tanaman rosemary yang ditanam di pot dan diletakkan di ambang jendela dapur dapat mengharumkan seluruh area dapur. Selain rosemary, Anda dapat menggunakan geranium. Tanaman ini memiliki aroma yang manis. 

Sementara itu, untuk menetralkan bau dapur, bisa merebus lavender, irisan lemon segar, batang kayu manis, dan irisan jeruk nipis, atau irisan thyme di dalam panci kecil berisi air pada kompor berapi kecil.

Setelah matang dan dingin, masukkan rebusan ke stoples kaca dan simpan di dalam kulkas. Cairan ini dapat digunakan untuk disemprotkan di area dapur. 

Baca juga: Sansevieria Stuckyi, Jenis Lidah Mertua yang Mengeluarkan Aroma Wangi

Ruang tamu 

Tanaman herbal segar dalam pot cantik dapat mengharumkan ruang tamu serta menambah kehangatan dan sentuhan warna pada dekorasi ruang tamu.

Letakkan tanaman herbal dalam pot di tempat yang cerah atau dekat lampu sehingga panas akan membantu mengeluarkan aromanya.

Selain itu, masukkan tanaman herbal kering ke mangkuk bersama kelopak mawar dan tangkai lavender dan letakkan di sekitar ruangan. Hal ini akan membuat aroma ruangan semakin menyegarkan. 

Baca juga: Bisakah Tanaman Herbal dan Tanaman Hias Hidup Tanpa Tanah?

Kamar tidur 

Selama berabad-abad, orang telah menggunakan tanaman herbal kering dan kelopak bunga untuk mengharumkan pakaian.

Keringkan tanaman herbal segar dengan menggantungnya dalam di jendela kamar tidur untuk mengharumkan kamar tidur.

Caranya, masukkan lavender, rosemary dan thyme pada kantong kain tipis yang dipotong menjadi kotak berukuran empat inci. 

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Dapat Digantung

Kemudian, letakkan kantong di laci, di antara tumpukan seprai yang dilipat, serta di bawah bantal kamar tamu untuk mengharumkan kain dengan rasa manis alami. 

Kamar mandi 

Lavender adalah ramuan berbau manis alami yang tumbuh subur di berbagai lingkungan. Tanam lavender segar di pot panjang dan sempit, kemudian letakkan di belakang toilet, meja rias, atau di rak. 

Baca juga: 8 Tanaman Herbal Ini Bisa Jadi Bahan Pembersih di Rumah

Tanaman lavender bekerja sangat baik di kamar mandi kecil. Anda juga bisa mencampurnya dengan rosemary kering, kulit lemon, dan mint dalam mangkuk lebar dan dangkal.

Aduk campuran sesekali untuk menyegarkannya atau menggunakan satu atau dua tetes minyak esensial guna menjaga aroma tetap hidup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber home guide
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com