Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/05/2021, 18:45 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kejadian paling umum yang dapat merusak tampilan rumah adalah lantai keramik yang menguning.

Lantai yang menguning ini sudah pasti tidak pernah diinginkan setiap pemilik rumah, tapi hal ini tidak bisa dihindari sepenuhnya. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Lantai Dapur? Ini Penjelasannya

Penyebab lantai menguning bisa dari berbagai hal. Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (14/5/2021), berikut ini penyebab lantai di rumah menguning.

Kelembapan

Faktor ini kerap dialami semua lantai atau ubin di setiap ruangan, terutama lantai kamar mandi. Hal ini karena lantai kamar mandi terkena buih, minyak, dan air sabun setiap harinya. 

Baca juga: 5 Jenis Keramik untuk Lantai Kamar Mandi yang Antilicin

Selain itu, karena kamar mandi adalah ruangan tertutup, tak heran kelembapan akan berkembang. Jika ubin kamar mandi di bagian bawah dinding telah menguning, artinya ada masalah kelembapan serius, khususnya shower.

Misalnya, kamar mandi mungkin rusak karena kelembapannya terperangkap di area tertentu. Akibatnya, lantai kamar mandi menguning lebih cepat dari waktunya. Satu-satunya cara mengatasi masalah ini adalah mengganti ubin. 

Baca juga: 6 Jenis Keramik yang Banyak Digunakan untuk Lantai Rumah

Kualitas Air Buruk

Ubin menguning juga bisa disebabkan kualitas air keran rumah yang buruk, yang mengandung berbagai senyawa kimia serta endapan seperti lumpur, pasir, dan sebagainya.

Paparan air berkualitas buruk yang mengenai ubin, khususnya ubin kamar mandi bisa memunculkan warna kekuningan. 

Baca juga: 5 Jenis Keramik untuk Lantai Kamar Mandi yang Antilicin

Tumpahan Cairan yang Sering

Tumpahan cairan merupakan salah satu musuh terbesar lantai. Dapur dan kamar mandi menjadi area yang sering mengalami tumpahan sehingga menyebabkan ubin sangat menguning.

Misalnya, tumpahan kopi dan teh di ubin sering kali masih meninggalkan noda yang terlihat jelas meski sudah dibersihkan.  

Baca juga: Mengepel Lantai dengan Cuka, Ini Manfaat dan Caranya

Menggunakan Produk Pembersih Mengandung Lilin

Penyebab lain lantai yang menguning adalah penggunaan produk pembersih yang mengandung lilin. Lilin ini sering kali menumpuk di atas ubin dan merembes ke nat sehingga menyebabkan lantai menguning.

Pemeliharaan yang Tidak Tepat

Jika ingin menjaga segala sesuatu dalam kondisi prima, kuncinya adalah rutin melakukan perawatan. Ini juga berlaku untuk lantai dalam rumah. 

Baca juga: Trik Menjaga Lantai Kamar Mandi agar Tetap Bersih

Jika kamu jarang membersihkan dan mengepel lantai menggunakan pembersih yang tepat, tentu akan menyebabkan lantai menguning seiring waktu.

Jadi, pastikan menggunakan jenis produk pembersih yang dapat membersihkan lantai dengan baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com