Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Cara Mewujudkan Tampilan Rumah Minimalis Menurut Ahli

Kompas.com - 02/05/2021, 08:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya dekorasi rumah minimalis memang tidak ada matinya. Rumah minimalis memberikan kesan bersih, elegan, dan nyaman.

Namun, mewujudkan gaya dekorasi rumah minimalis tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang harus Anda lakukan dengan cermat.

“Rumah minimalis identik dengan rumah yang ditata dengan sadar, ini tentang mengelilingi diri Anda dengan barang-barang yang Anda butuhkan, gunakan, dan sukai, serta membuang kelebihannya,” kata ahli pengorganisasian rumah, Shira Gill seperti dikutip dari My Domaine, Minggu (2/5/2021).

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur Minimalis

Kesalahpahaman utama tentang rumah minimalis adalah membutuhkan lebih sedikit pemikiran alias tidak banyak yang perlu dipertimbangkan saat menatanya, menurut Melissa Lee, pendiri dan direktur kreatif Bespoke Only.

“Sebaliknya, (butuh) lebih banyak pertimbangan untuk memilih barang yang lebih sedikit, karena semuanya harus memiliki tujuan dengan desain dan fungsi,” terang Lee.

Berikut ini beberapa cara mewujudkan gaya dekorasi rumah minimalis menurut para ahli.

1. Tanya kenapa

Apabila Anda menginginkan rumah minimalis, langkah pertama adalah mulai dengan mengapa alias alasan Anda, menurut Helen Youn, Konsultan KonMari bersertifikat tingkat master.

Baca juga: Ini Perbedaan Desain Rumah Skandinavia dan Minimalis Menurut Ahli

“Pikirkan mengapa Anda ingin memiliki rumah yang lebih minimalis dan pertimbangkan bagaimana rumah Anda akan dapat mendukung Anda untuk menjalani kehidupan yang disengaja,” sebut Youn.

"Ketika Anda memiliki visi yang jelas tentang kehidupan yang Anda inginkan dan turun ke nilai-nilai inti Anda, itu akan memberi Anda kejelasan tentang barang mana yang harus disimpan dan mana yang harus dilepaskan," jelasnya.

2. Rapikan rumah

Minimalis adalah tentang hidup dengan lebih sedikit barang. Dengan demikian, rapi adalah suatu keharusan.

“Jika ada sesuatu yang tidak pernah Anda gunakan selama bertahun-tahun, maka singkirkan. Segala sesuatu di rumah Anda harus memiliki tujuan, baik secara emosional, estetika, atau fungsional," ungkap Lee.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com