Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahan Pengganti Pemutih untuk Mencuci Pakaian, Apa Saja?

Kompas.com - 02/05/2021, 04:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada sebagian orang tidak suka menggunakan pemutih klorin untuk mencuci pakaian dan mencerahkan warnanya. Alasannya beragam, misal karena baunya, bahan kimia yang keras, hingga kemungkinan kerusakan lingkungan.

Akan tetapi, tentu kita masih membutuhkan cara untuk menjaga warna pakaian putih dan menghilangkan noda. Jangan khawatir, ada beberapa bahan pengganti pemutih yang bisa Anda gunakan.

Bahan-bahan ini tidak akan menggantikan pemutih klorin sebagai disinfektan untuk membunuh bakteri, tetapi akan membantu menjaga pakaian putih Anda terlihat bagus dan lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Catat, 4 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Pemutih

Dilansir dari The Spruce, Minggu (2/5/2021), berikut beberapa bahan pengganti pemutih untuk mencuci pakaian, mencerahkan warnanya, dan menghilangkan noda.

1. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah zat pemutih ringan. Bahan ini dapat digunakan untuk menghilangkan noda atau memutihkan dan mencerahkan pakaian, serta memiliki dampak yang lebih kecil terhadap lingkungan dibandingkan pemutih klorin.

Ketika terkena cahaya, hidrogen peroksida terurai menjadi air dan oksigen, serta menjadi pemutih berbasis oksigen yang dapat terurai secara alami. Gunakan larutan hidrogen peroksida tiga persen untuk cucian pakaian Anda.

Untuk memutihkan dan mencerahkan pakaian, tambahkan satu cangkir hidrogen peroksida ke dalam mesin cuci. Ini dapat digunakan dengan aman pada beban pakaian putih atau berwarna.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Pakaian Tetap Bersih dan Bebas Kuman

Hidrogen peroksida harus ditempatkan dalam dispenser pemutih otomatis pada mesin cuci atau ditambahkan saat mesin cuci terisi dengan air, sehingga terdispersi secara merata sebelum pakaian ditambahkan.

Jangan menuangkan hidrogen peroksida langsung ke kain berwarna yang masih dalam kondisi kering, karena dapat menyebabkan bercak dengan menghilangkan warna.

2. Soda kue atau baking soda

Menambahkan setengah cangkir soda kue ke deterjen akan meningkatkan daya pembersih deterjen dan membuat pakaian lebih putih dan cerah.

Soda kue aman digunakan pada mesin cuci standar dan berefisiensi tinggi. Cukup tambahkan soda kue langsung ke tabung mesin cuci sebelum Anda memasukkan cucian kotor.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com