Kompas.com - 02/05/2021, 07:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memiliki daya tahan yang lama, desain yang tak lekang oleh waktu menjadi daya tarik furnitur kayu untuk dimiliki. Namun, meskipun furnitur kayu memiliki daya tahan yang kuat dan lama, Anda harus mengetahui cara membersihkan furnitur kayu dengan benar.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Minggu (2/5/2021), meskipun mungkin tampak rumit untuk membersihkan kayu, pendekatan sederhana selalu yang terbaik.

Sebagai permulaan, saat membeli furnitur kayu baru, selalu tanyakan tips kepada penjualnya tentang cara merawat furnitur tersebut.

Baca juga: Hal yang Harus Dilakukan Saat Memperbarui Tampilan Furnitur Kayu Lama

Karena setiap lapisan, noda, dan jenis kayu berbeda, sulit untuk menggunakan cara yang sama untuk semua dalam membersihkan furnitur kayu.

Akan tetapi, aturan praktisnya adalah mulai dengan larutan pembersih paling lembut terlebih dahulu dan lakukan sesuai kebutuhannya.

Berikut beberapa langkah-langkah untuk membersihkan furnitur kayu. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • Kain mikrofiber
  • Sabun cuci piring bening
  • Semir furnitur semi padat
  • Kain katun tipis

Baca juga: Furnitur Kursi Plastik Bening Dianggap Sebagai Tren Dekorasi Terbaru

Cara membersihkan furnitur kayu

Mulailah dengan menyeka furnitur kayu Anda dengan kain mikrofiber yang nyaris tidak basah untuk menghilangkan debu dan kotoran.

Agar air mengendap di atas kayu, jadi segera seka dengan kain mikrofiber kering lainnya. Untuk membersihkan debu secara teratur, lap cepat dengan kain mikrofiber sudah cukup.

Jika furnitur kayu Anda memiliki bintik-bintik dengan residu lengket, tambahkan setetes sabun cuci piring ke kain mikrofiber dan cobalah di bagian furnitur kecil yang tidak terlihat untuk memastikan hasil akhir yang bagus.

Campurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan secangkir air dan oleskan dengan lembut pada bagian yang memiliki residu lengket itu. Hindari merendam kayu dalam air, dan setelah noda dibersihkan, seka area tersebut hingga kering dengan kain mikrofiber lain.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.