Kompas.com - 26/04/2021, 17:21 WIB
Ilustrasi ide dekorasi rumah dengan warna merah marun dan abu-abu. SHUTTERSTOCK/UNITED PHOTO STUDIOIlustrasi ide dekorasi rumah dengan warna merah marun dan abu-abu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapati keadaan rumah yang berantakan tentu membuat kesal. Membereskan rumah sepertinya menjadi kegiatan yang tak pernah selesai dilakukan. Sudah berkali-kali dirapikan, tapi rumah rasanya masih terlihat berantakan.

Hemmm…bisa jadi kesalahannya ada pada di dekorasi ruangan atau rumahmu sendiri. Cara penataan dan dekorasi ruangan juga berpengaruh terhadap kerapian hunian secara keseluruhan. Kesalahan dekorasi dapat membuat ruang tampak berantakan.

Untuk mengatasinya, kamu dapat menghindari kesalahan dekorasi yang membuat ruangan berantakan di bawah ini dilansir dari laman Readers Digest, Senin (26/4/2021). 

Baca juga: Ternyata, Barang-barang Ini yang Menyebabkan Rumah Berantakan

Seni Dinding Terlihat Serampangan

Karya seni yang ditempatkan secara acak atau berukuran tidak tepat dapat membuat seluruh ruangan terlihat kacau. “Sangat penting memilih bagian yang disesuaikan dengan ukuran dinding tempat Anda meletakkannya,” kata Marissa Sauer, desainer interior dan pendiri Design MACS.

Sauer mengatakan potongan yang terlalu kecil bisa terlihat agak acak. Sebaliknya, potongan yang terlalu besar bisa membuat ruangan terlihat kecil dan berantakan. Ia merekomendasikan agar setiap karya seni berhubungan secara istimewa dengan hal lain di ruangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Misalnya, jika memiliki sofa setinggi 150 sentimeter, pilih lukisan atau hiasan dinding setinggi 120 sentimeter. “Seni harus berhubungan dengan sesuatu,” katanya. 

Baca juga: 4 Cara agar Kamar Tidur Tidak Mudah Berantakan

Memilih Furnitur dengan Perawatan Tinggi

Hindari menggunakan furnitur atau peralatan yang membutuhkan perawatan banyak seperti furnitur kayu berwarna gelap karena debu akan lebih terlihat di sana. Begitu pun hindari dekorasi banyak kaca atau cermin dalam ruangan karena kaca rentan kotor dan kerap disentuh tangan sehingga kamu harus rutin membersihkannya. 

Selain itu, tempat kaca pada posisi yang aman dan tepat seperti di pinggir ruangan agar terlihat tertata atau rapi. Perhatikan pula bagian-bagian di rumah yang paling cepat berantakan serta bersihkan bagian tersebut terlebih dahulu. 

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Membuat Rumah Semakin Berantakan

Warna Dinding Terlihat Kuno

Dengan tren warna saat ini yang condong ke tampilan yang terang dan lapang, dinding dengan tone gelap atau kecokelatan bisa terasa kuno dan kotor. Orang sering kali menghubungkan hal-hal yang lebih tua dengan hal-hal lebih berantakan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X