Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Benda yang Tidak Boleh Masuk ke Mesin Cuci, Koin hingga Bra

Kompas.com - 28/03/2021, 11:23 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian dengan mesin cuci harus dilakukan dengan cermat. Anda tentu tidak ingin pakaian Anda mengkerut atau mesin cuci rusak karena salah memasukkan pakaian maupun ada benda yang masuk.

Untuk menghemat waktu dan uang Anda, pastikan benda-benda asing tidak masuk ke dalam mesin cuci. Benda-benda tersebut beragam, mulai dari koin alias uang logam hingga bra.

Dilansir dari Reader's Digest, Minggu (28/3/2021), berikut benda-benda yang tidak boleh masuk ke mesin cuci Anda.

Baca juga: 7 Manfaat Cuka untuk Mencuci Pakaian dan Mesin Cuci

Ilustrasi koin. PIXABAY/MAGNOWEEDA Ilustrasi koin.

1. Koin

Koin kerap tertinggal di saku pakaian atau saku celana hingga tercuci. Ketika sadar, mesin cuci Anda sedikit lebih berisik dari yang seharusnya dan ternyata koin masuk ke dalam mesin cuci.

Koin mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin cuci Anda.

“(Koin) dapat merusak sirip pada pompa pembuangan jika berhasil melewati filter. Mengosongkan kantong adalah solusinya," kata James Peters, Manajer Produk Penatu Kenmore.

Koin juga bisa tersangkut di pipa pembuangan dan menyumbatnya sehingga air tidak terkuras atau bahkan dapat memecahkan kaca mesin cuci bukaan depan.

Baca juga: 8 Tanda Mesin Cuci Bakal Rusak, Berisik hingga Pakaian Tak Bersih

Atau lebih buruk, koin dapat merusak drum dan menusuk tangki bagian luar, yang dapat menghabiskan biaya besar untuk memperbaikinya.

2. Noda yang mudah terbakar

Jangan memasukkan celana yang terkena tumpahan bensin ke dalam mesin cuci. Anda mungkin ingin sekali menghilangkan bau bensin yang menyengat, tetapi bensin tidak tercampur dengan baik dengan mesin cuci.

Bahkan, noda bensin dapat mengakibatkan kebakaran atau ledakan. Noda membandel tersebut bisa Anda bersihkan dengan mencampurkan dua bagian baking soda dan satu bagian air menjadi pasta, lalu mengoleskan pasta itu ke noda.

"Metode lainnya adalah dengan mencuci dengan tangan di wastafel atau ember dengan air panas dan deterjen atau sabun cuci piring dan digantung hingga kering," ujar Peters.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com