Kompas.com - 25/03/2021, 13:19 WIB
Ilustrasi cuka sebagai bahan pembersih. FREEPIK/FREEPIKIlustrasi cuka sebagai bahan pembersih.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka dikenal sebagai bahan makanan, pembuat rasa asam pada berbagai hidangan, salah satunya acar. Meski aromanya menusuk, berbagai hidangan tak lengkap tanpa sentuhan cuka.

Namun demikian, cuka juga bermanfaat untuk membersihkan noda dan menghilangkan bau pada banyak benda di rumah. Manfaat cuka pun dirasakan saat mencuci pakaian dan membersihkan mesin cuci.

Dilansir dari Mind Body Green, Kamis (25/3/2021), berikut beberapa manfaat cuka untuk mencuci pakaian dan membersihkan mesin cuci.

Baca juga: 10 Manfaat Cuka untuk Perawatan Tanaman Hias, Apa Saja?

1. Gunakan sebagai deterjen

Menurut pakar toksin lingkungan Tonya Harris, untuk menyegarkan pakaian lama dan membuatnya wangi, tambahkan setengah cangkir cuka putih suling ke kompartemen deterjen mesin cuci, dan jalankan siklus pencucian seperti biasa.

Anda tidak perlu menambahkan detergen apa pun.

"Cukup mengherankan, aroma kuat cuka menetralkan bau, dan aroma cuka memudar dengan sangat cepat, tidak meninggalkan aroma," ujar Harris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika mesin Anda tidak memiliki kompartemen deterjen, Anda dapat menuangkan setengah cangkir cuka ke dalam tabung mesin cuci setelah diencerkan dengan secangkir air.

Baca juga: Benarkah Cuka Bisa Membasmi Kuman? Ini Jawabannya

Air sangat penting di sini. Karena cuka bersifat asam, jangan menuangkan cuka langsung ke pakaian Anda.

2. Perawatan awal pakaian saat mencuci dengan tangan

Tidak ada mesin cuci? Tidak masalah. Sebelum mencuci pakaian yang bau dengan tangan, rendam pakaian dalam cuka dan air selama beberapa jam atau semalaman, lalu cuci seperti biasa.

Harris mengatakan, pengenceran satu cangkir cuka dengan satu galon air hangat seharusnya berhasil untuk sebagian besar kain. Pastikan untuk membaca label perawatan pada pakaian terlebih dahulu untuk memastikan mereka tidak memiliki instruksi pencucian khusus.

3. Gunakan sebagai pelembut kain

Produk pelembut kain terkenal keras pada pakaian dan lingkungan, tetapi orang yang memiliki orientasi menjaga lingkungan dapat dengan mudah menggantikannya dengan cuka.

Harris merekomendasikan untuk menggunakan proses serupa di sini yang akan Anda gunakan untuk deterjen: Cukup tambahkan setengah cangkir cuka ke tabung pelembut kain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X