Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Langsung Gunakan Mesin Cuci Baru, Lakukan Ini Dulu

Kompas.com - 24/02/2021, 18:16 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah kamu baru saja membeli atau mendapatkan mesin cuci baru yang telah diantar ke rumah? Jika iya, maka selamat, karena ini pasti hal yang membahagiakanmu dan keluarga di rumah.

Tapi, kamu harus tahu bahwa terdapat beberapa hal khusus yang perlu diterapkan untuk sebuah mesin cuci baru yang baru saja kamu miliki.

Saat kamu mendapatkan mesin cuci baru, jangan langsung terburu-buru untuk menggunakannya, karena ada beberapa peraturan sebelum benar-benar menggunakannya.

Baca juga: 7 Pilihan Mesin Cuci Terbaik 2021 dari Berbagai Merek

Dilansir beberapa sumber, Rabu (24/2/2021), setidaknya ada beberapa hal yang harus dilakukan terhadap mesin cuci baru.

Dikutip dari The Art of Doing Stuff, hal pertama yang harus kamu lakukan saat kamu mendapatkan mesin cuci baru adalah melepas baut kemasan yang juga dikenal sebagai baut transit.

Baut pengepakan di mesin cuci mencegah drum bergerak selama pengangkutan menuju rumahmu. Seperti yang bisa kamu tebak, mereka juga mencegah drum bergerak saat mesin cuci beroperasi.

Ini paling jelas selama siklus putaran ketika mesin cucimu berubah menjadi robot monster.

Baca juga: Ini Penyebab Pengering Mesin Cuci Bocor

Cara melepaskan baut pengemas dari mesin cuci barumu

1. Cari sesuatu yang bergetar di belakang mesin cucimu dan temukan penjepit plastik besar yang terlihat seperti komponen mesin cucimu, tetapi bukan. Jangan khawatir jika tidak ada penjepit.

Tidak semua mesin cuci memiliki baut kemasan maupun penjepit plastik, tetapi ada mesin cuci yang akan memiliki baut besar, terlihat jelas di bagian belakang mesin.

Setelah dilepaskan, pastikan kamu menyimpan bilah atau baut transit di tempat yang aman. Kamu mungkin membutuhkannya di masa mendatang jika kamu pindah rumah.

2. Lepaskan selang dari penjepit (jika kamu memiliki penjepit) dan dengan menggunakan ratchet atau kunci pas, lepaskan baut pengemas panjang yang menahan penjepit di tempatnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com