Kompas.com - 24/02/2021, 15:27 WIB
Ilustrasi makanan kucing. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi makanan kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama halnya seperti anjing, kucing juga termasuk hewan yang selalu lapar. Namun, kucing jauh lebih tenang dan terkadang mereka akan makan tanpa disadari oleh pemiliknya.

Terkadang, nafsu makan yang tak terpuaskan ini dapat membuat pemiliknya memberikan mereka makan lebih dari yang mereka butuhkan, sehingga banyak terlihat kucing peliharaan yang memiliki berat badan di atas rata-rata.

Dilansir dari My Animals, Rabu (24/2/2021), untuk menghindarinya, memberikan makan kucing dengan benar sangat penting untuk kesehatannya.

Baca juga: 5 Pertimbangan Sebelum Membeli Mangkuk Makanan Kucing

Sebelum memberikan makan untuk kucing peliharaan, sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu jenis makanan apa yang akan diberikan atau yang cocok untuknya. Meskipun kucing bisa makan karbohidrat dan vitamin, mereka selalu lebih suka memakan protein dan lemak.

Jenis makanan yang selalu direkomendasikan oleh para ahli untuk kucing adalah makanan khusus yang memberikan nutrisi yang mereka butuhkan untuk hari itu.

Misalnya, makanan kering yang diperas telah menjadi makanan kucing favorit selama bertahun-tahun. Atau makanan basah yang bisa menjadi alternatif lainnya untuk makanan kucing Anda.

Hal yang paling penting adalah protein yang terkandung dalam makanannya mencakup 35 persen, 40 persen mencakup protein, dan 30 persen mencakup karbohidrat dan vitamin.

Baca juga: Mengapa Harus Memilih Makanan Kucing Berkualitas? Ini Alasannya

Meskipun kucing menyukai lemak, mereka harus puas dengan lemak yang biasanya disediakan oleh protein dan karbohidrat. Makan lemak yang berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas misalnya.

Membagi Asupan Makanan

Bertahun-tahun lalu, orang menganggap anjing perlu makan tiga kali sehari. Namun, setelah terjadi peningkatan obesitas pada anjing, jumlahnya berkurang menjadi sekali atau dua kali sehari. Tapi bagaimana dengan kucing?

Karena nafsu makan yang tampaknya tidak terpuaskan, yang terbaik adalah membagi asupan makanan mereka sepanjang hari.

Selain itu, langkah ini hanya akan menjadi 'penipuan psikologis' yang akan membuat hewan tersebut percaya bahwa ia telah makan sepanjang hari.

Pada kenyataannya, itu tidak akan memberi makan lebih dari yang seharusnya. Produsen pakan biasanya menandai jumlah yang tepat yang harus dimakan hewan per hari.



Sumber My Animals
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X