Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2021, 16:51 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Pink Villa

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengisi waktu luang, kamu bisa mencoba bercocok tanam. Beberapa pilihan tanaman bisa kamu coba, salah satunya menanam sayuran.

Berkebun sayur adalah salah satu cara untuk menghijaukan rumah sekaligus menghemat uang. Karena, menanam sendiri sayuranmu, artinya kamu tak perlu berbelanja dan selalu mendapatkan bahan makanan yang sehat dan segar.

Jika kamu ingin mengawali menanam sayuran, yang dibutuhkan adalah kesabaran dan taktik cerdas untuk mendapatkan hasil maksimal dari kebun sayurmu.

Baca juga: 4 Tanaman Sayur yang Dapat Ditanam di Dalam Pot

Untuk kamu yang baru saja memulai, berikut tips berkebun sayuran:

1. Sinar matahari

Dilansir dari Pink Villa, Rabu (24/2/2021), sinar matahari langsung penting agar sayuran bisa tumbuh dengan baik. Area yang dipilih untuk taman atau meletakkan tanaman harus terkena sinar matahari minmal 6-8 jam sehari.

Meski rata-rata tanaman sayur membutuhkan matahari, ada juga sayuran yang tidak terlalu membutuhkannya. Cari tahu jenis sayuran yang kamu tanam dan kebutuhannya akan sinar matahari.

2. Air

Pastikan area yang kamu pilih memiliki sumber air yang baik karena sayuran membutuhkan air secara teratur untuk tumbuh. Juga, pastikan area tersebut bebas hama.

Baca juga: 6 Sayuran yang Mudah Ditanam di Rumah

3. Siapkan media tanam

Tanah adalah salah satu faktor terpenting yang harus dipertimbangkan saat menanam kebun sayur. Untuk media tanam, atau dalam hal ini tanah harus kaya bahan organik.

Tanah yang kaya bahan organik memiliki semua jenis organisme yang bermanfaat bagi tanaman. Ambil sampel untuk penilaian tekstur tanah yang tepat dan uji dengan alat penguji tanah.

4. Pupuk organik

Cobalah membeli produk berkebun organik daripada pupuk sintetis dan bahan kimia. Beri juga tanaman air, matahari, dan nutrisi adalah cara tercepat untuk menangkal hama dan penyakit yang membuatmu sehat.

5. Peralatan berkebun

Alat yang tepat dibutuhkan untuk menyiapkan taman dan merawat tanaman. Kamu membutuhkan sekop, garpu, sekop dan anakan untuk membuat taman. kamu harus membeli selang dan nosel atau sistem irigasi setelah tanaman mulai tumbuh.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com